Jamaah Haji Barsel Dijadwalkan Tiba 30 Juli 2022

DEDDY/BERITA SAMPIT : Ka.Kankemenag Kabupaten Barsel H. Arbaja,S.Ag.,M.AP.

BUNTOK-Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) H. Arbaja, menginformasikan, bahwa kedatangan jamaah haji daerah ini di jadwalkan pada tanggal 30 Juli 2022 mendatang.

“Insya Allah apabila tidak ada perubahan jadwal, atau terjadi delay pemberangkatan maka seluruh jamah haji Barsel yang berjumlah 61 orang tersebut tiba di embarkasi Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) 30 Juli 2022 sekitar pukul 15.30 WITA. Selanjutnya akan tiba di Kota Buntok, pada tanggal 31 Juli 2022 pagi dan akan dilakukan acara penyambutan oleh Pj Bupati Barsel di Masjid Agung Baitur Rahman Buntok,” kata Arbaja saat ditemui beritasampit.co.id  di ruang kerjanya, Rabu20 Juli 2022

BACA JUGA:   Kecelakaan Maut di Desa Bipak Kali, Dua Pengendara Motor Tewas

“Kondisi terakhir 61 jamaah haji Barsel hingga pada hari ini Alhamdulilah mereka semua dalam keadaan sehat wal afiat serta tidak ada yang meninggal dunia. Bahkan juga telah menyelesaikan seluruh rangkaian rukun ibadah haji jadi dan sekarang mereka juga sudah berada di kota Mekkah melaksanakan ibdah umroh, jiarah serta yang lainnya sembari menunggu jadwal pemulangan ke tanah air,” sambungnya.

Terkait penambahan kuota untuk musim haji tahun depan pihaknya masih belum mengetahui dengan pasti karena kuota ditentukan oleh Pemerintah Arab Saudi sekaligus mereka yang melakukan evaluasi.

“Namun kita tetap berharap, semoga saja penambahan kuota tersebut minimal kembali seperti dulu sebelum terjadinya wabah Covid-19,” katanya.

BACA JUGA:   Eddy Raya Buka Puasa Bersama Santri Karantina Tahfidz Quran Buntok

Ia juga menjelaskan, untuk tahun ini sebenarnya ada penambahanan kuota haji sebanyak sepuluh ribu, akan tetapi tidak diambil oleh Menteri Agama karena mengingat waktunya mepet bersamaan dengan waktu terakhir pemberangkatan jamaah haji. Sementara untuk pemberangkatan jamaah haji banyak faktor yang disiapkan seperti adanya vaksinasi dan hal-hal yang lainnya yang perlu dipersiapkan.

“Pemerintah Arab Saudi sendiri baru memberian tambahan kuota tersebut, ketika kita sudah hampir akhir pemberangkatan jamaah haji jadi mudah-mudahan saja di tahun 2023 mendatang, kita akan mendapatkan penambahan kuota haji dari pemerintah Arab Saudi,” harapnya. (Ded/beritasampit.co.id)