Pemda Harus Lakukan Pemetaan Potensi Guna Tingkatkan PAD

LULUS/BERITA SAMPIT- Ketua Fraksi PDIP DPRD Murung Raya, Yetro M. Yoseph SE, MM.

PURUK CAHU- Ketua fraksi PDI Perjuangan DPRD Murung Raya Yetro M. Yoseph mengatakan, Pemerintah Daerah Kabupaten Murung Raya harus melakukan pemetaan potensi guna meningkatkan PAD baik itu dari sektor pajak, retribusi, hotel, parkiran, dan sektor lainnya.

Selain itu, juga perlu melakukan pemetaan potensi PAD dari sektor pajak kendaran bermotor baik roda dua maupun empat.

“Maka kami dari Fraksi PDI Perjuangan memandang bahwa salah satu sektor strategis yang bisa dikembangkan adalah dengan mengoptimalkan sektor wisata. Pembangunan dan pengelolaan destinasi wisata adalah pilihan yang tepat karena potensi alam di Kabupaten Murung Raya seperti air terjun dan perbukitan sangat potensial yang akhirnya akan melahirkan efek domino terhadap perekonomian dan meningkatkan PAD jika dikelola dengan maksimal,” Kata Yetro, Rabu 20 Juli 2022.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

Yetro melanjutkan, kemudian catatan kritis adalah tentang kebutuhan mengenai terobosan kebijakan guna mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Hal tersebut berdasarkan fakta masih kecilnya PAD Kabupaten Mura tahun 2021 yaitu sebesar 82,104 Miliar atau hanya 6,29% yang masih perlu ditingkatkan.

“Kami menerima dengan beberapa catatan kritis yaitu perlu perubahan mendasar atau terobosan terhadap postur APBD di masa mendatang, misalnya saja dengan skema belanja modal harus ditingkatkan sampai menjadi 30 sampai 10 persen, sehingga dirasakan langsung oleh masyarakat,”tuturnya lagi.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

Selain itu, untuk menunjang PAD dari sektor lainnya, seperti pajak kendaraan bermotor itu perlu adanya database yang valid terkait jumlah kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat, yang nantinya bisa menjadi salah satu sektor yang dapat dimaksimalkan untuk bisa meningkatkan PAD Kabupaten Murung Raya. (Lulus/beritasampit.co.id).