Luar Biasa, Unit Pelatihan Teknis Pusat Akan Dibangun di Sampit

ILHAM/BERITA SAMPIT - Bupati Kotim Halikinnor didampingi Wakil Bupati Kotim Irawati.

SAMPIT – Unit Pelatihan Teknis Pusat (UPTP) sebagai tepat pelatihan tenaga kerja rencananya akan dibangun Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur.

Sangat luar biasa, karena UPTP hanya bisa dibangun satu untuk setiap Provinsi, karena program ini langsung dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Tenaga Kerja.

“UPTP ini seharusnya hanya satu di provinsi, dan alhamdulillah itu ditempatkan di Sampit,” jelas Bupati Kotim Halikinnor, Kamis 21 Juli 2022.

Ditambahkan, untuk membangun UPTP tersebut, Pemerintah Kabupaten Kotim telah menyiapkan lahan kurang lebih 20 hektare, di Jalan Jenderal Sudirman Km 11 Sampit- Pangkalan Bun.

“Hari ini dari Dirjen Kementerian Tenaga Kerja bersama staf khusus Menteri datang ke Sampit untuk melihat lokasi yang akan dibangun UPTP tersebut,” ungkap Halikin.

Untuk membangun UPTP tersebut diperkirakan akan menelan biaya cukup besar yang mencapai ratusan miliar, namun semua ditanggung oleh pemerintah pusat.

“Baik gedung maupun SDM nantinya akan lengkap dibangun di sana, dan mungkin pembangunannya akan memakan biaya sekitar ratusan miliar. Karena ini proyek pusat, di Sampit cuman penempatannya saja,” imbuhnya.

Hilikin menambahkan, keuntungan untuk Kotim dengan adanya UPTP tersebut, masyarakat khususnya generasi muda daerah bisa dilatih baik daei keterampilan dan lain-lain.

“Mereka akan memiliki bekal pengetahuan dan siap terjun di dunia usaha,” kata Halikin.

“Selain itu, nanti setiap kegiatan – kegiatan di Provinsi itu bisa dilaksanakan di Sampit. Harapan kita dengan begitu Sampit akan lebih ramai, banyak orang berdatangan, dengan begitu akan membantu perekonomian daerah, kita berharap program ini bisa terealisasi,” pungkasnya. (Cha/beritasampit.co.id).