Pemda Harap Ada Rutan di Gunung Mas

M.SLH/BERITA SAMPIT - Ketua Pangadilan Tinggi Palangka Raya, Zainuddin.

KUALA KURUN – Bupati Gunung Mas, Jaya Samaya Monong melalui Wakil Bupati, Efrensia L.P Umbing berharap ada Rumah Tahanan (Rutan) di daerah setempat.

“Kita berharap di waktu mendatang, perlu adanya keberadaan Rumah Tahanan di Kabupaten Gunung Mas, secara khusus di ibukota Kuala Kurun. Hal ini diharapkan akan mempermudah akses layanan kunjungan keluarga untuk tahanan serta efesiensi biaya lebih minim,” jelas Efrensia L.P Umbing, Rabu 20 Juli 2022.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Panggilan Tinggi Palangka Raya, Zainuddin mengungkapkan, memang saat ini di daerah Kuala Kurun belum ada sel tahanan untuk para terdakwa yang berurusan dengan Pengadilan Negeri.

Dijelaskannya juga bahwa, dalam hal penggunaan rumah tahanan itu merupakan wilayahnya Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia.

“Kalau kita memang mengharapkan bahwa misalkan ada lapas. Lapas ini di samping memang untuk melengkapi prasarana juga untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Kalau ada Lapas otomatis masyarakat yang ada keluarganya itu mudah untuk menengok atau mengunjungi,” jelas Zainuddin.

Dirinyapun menjelaskan, kalau misalkan ada keluarga mereka yang ditempatkan di Palangka Raya betapa sulitnya mereka untuk mengunjungi keluarga nya yang mendapatkan musibah.

“Sesuai dengan moto kami memberikan pelayanan yang cepat atau prima pada masyarakat, maka kami mengharapkan juga ini dapat dibantu oleh pemerintah setempat untuk bisa mendirikan Lapas ataupun bisa di menyediakan tanah dan mungkin biaya dari yang Kementerian. (M.Slh/beritasampit.co.id).