Penurunan Stunting Menjadi Prioritas TNI AD

IST/BERITA SAMPIT - Dandim 1016/Palangka Raya, Letkol Inf Frans Kishin Panjaitan saat memberikan tali asih.

PALANGKA RAYA – Komandan Kodim (Dandim) 1016/Palangka Raya, Letkol Inf Frans Kishin Panjaitan, menyampaikan penurunan stunting menjadi prioritas TNI AD dalam membantu Pemerintah.

Hal ini disampaikannya saat memberikan bantuan makanan bergizi dan tali asih dari Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal Dudung Abdurachman untuk anak stunting di wilayah Kota Palangka Raya.

Kegiatan tersebut sebagai bentuk dukungan terhadap percepatan penurunan angka stunting khususnya di Kota Palangka Raya yang dilaksanakan di wilayah Kelurahan Pahandut, Kecamatan Pahandut, Kota Palangka Raya, Kamis 21 Juli 2022.

Letkol Inf Frans Kishin Panjaitan mengatakan, stunting merupakan salah satu masalah gizi yang sedang dihadapi Indonesia. Ini menjadi penting, karena menyangkut kualitas sumber daya manusia Indonesia di masa yang akan datang.

BACA JUGA:   Pernyataan Sikap BKMP se-Kalimantan Terkait Kondisi Papua

“Saya selaku bapak asuh anak stunting Kota Palangka Raya dimana Bapak KASAD sebagai bapak asuh anak stunting tingkat Nasional, dengan kedatangan saya memberikan bantuan berupa nutrisi dan menyalurkan bantuan dari Bapak KASAD berupa Tabungan sebesar Rp 500.000 dengan harapan bisa digunakan untuk keperluan anak kategori stunting di wilayah Kecamatan Pahandut ini,” jelasnya.

Ia juga menyosialisasikan, cara hidup bersih dan sanitasi yang baik dalam kehidupan sehari-hari dengan harapan ke depan anak-anak kategori stunting bisa tumbuh semakin sehat dan berprestasi.

BACA JUGA:   Polresta Palangka Raya Berhasil Amankan 23 Barang Bukti dari Delapan Tersangka Curanmor

“TNI AD mendorong peran keluarga dalam mencegah maupun penanggulangan stunting. Karena masalah gizi sangat erat kaitannya dengan ruang lingkup keluarga,” ujarnya.

Dandim berharap anak Indonesia masa depan harus sehat, cerdas, kreatif, dan produktif. Ia juga berharap, angka stunting bisa ditekan seminimal mungkin khususnya di wilayah Kota Palangka Raya.

Diketahui bahwa Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman pada kunjungan kerjanya di Kota Palangka Raya pada beberapa hari yang lalu telah mengukuhkan kepada tujuh Dandim yang ada di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah sebagai bapak asuh anak stunting, salah satunya Dandim 1016/Palangka Raya. (Hardi/beritasampit.co.id).