Sejumlah Lokasi Disurvei untuk Pembangunan Balai Latihan Kerja di Kotim

JIMMY/BERITA SAMPIT - Bupati Kotim, Halikinnor saat mendampingi rombongan Kemnaker melakukan survei lokasi rencana pembangunan UPTP BLK.

SAMPIT – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Republik Indonesia berencana membangun Unit Pelaksana Teknis Pusat (UPTP) Balai Latihan Kerja (BLK) di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Sejumlah opsi lokasi telah disurvei guna memastikan tempat pembangunan nantinya.

Sejumlah petinggi kementerian seperti Dirjen Binalavotas Budi Hartawan, Direktur Bina Lembaga dan Pelatihan Kementerian Tenaga Kerja RI Agung Nur Rahmad dan Staf Khusus Menaker Caswiyono Rusydie Cakrawangsa melakukan survei pada tiga lokasi di Sampit.

Mereka didampingi langsung oleh Bupati Halikinnor dan Sekretaris Daerah (Sekda) Fajrurrahman. Adapun opsi lokasi dibangunnya BLK itu yakni di Jalan Jenderal Sudirman KM 16 dan KM 5 kawasan Dinas Ketahanan Pangan dan ketiga adalah UPTD BLK Kotim di Jalan HM Arsyad.

BACA JUGA:   Masyarakat Laporkan Pengelola Parkir SPBU KM 8 Tjilik Riwut Lakukan Pungli dengan Preman

Program dari Kemnaker ini rencananya akan dilaksanakan pada 2023 mendatang dengan alokasi anggaran sebesar Rp135 miliar.

“UPTP BLK ini akan menjadi satu-satunya yang ada di Kalimantan Tengah. Di Indonesia saat ini sudah ada 21 UPTP BLK yang tersebar di 16 Provinsi. Apabila ini dibangun maka akan menjadi yang ke 22,” kata Budi Hartawan. Jum’at, 22 Juli 2022.

BACA JUGA:   Pesantren Ramadan Digelar, Pelajar Diingatkan Makmurkan Masjid

Budi juga mengatakan bahwa lokasi di KM 16 bisa dibuat untuk pengembangan pertanian atau perikanan. Namun karena aksesnya yang masuk ke dalam sekitar 782 meter, ia menginginkan lokasi yang berada tepat di pinggir jalan agar masyarakat bisa melihat langsung bangunan nantinya.

Sementara itu, Halikinnor menyebut bahwa pihaknya akan melakukan inventarisir lahan terlebih dahulu. Karena lokasi yang diminta di pinggir jalan dengan minimal luasan lima hektare. Dirinya berharap sejumlah lokasi yang disiapkan untuk pembangunan UPTP BLK akan segera terwujud. (Rakhmadjimmy/beritasampit.co.id).