Palangka Raya Raih Penghargaan Kota Layak Anak 2022

Tangkap layar. Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah berhasil meraih penghargaan Kota Layak Anak (KLA) 2022. (ANTARA/Ho-Youtube Kementerian PPPA)

PALANGKA RAYA – Pemerintah Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah berhasil meraih penghargaan sebagai Kota Layak Anak tahun 2022 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

“Penghargaan ini merupakan wujud komitmen pemerintah kota dalam upaya memenuhi dan melindungi hak anak. ‘Alhamdulillah’ seperti tahun kemarin, tahun ini kita kembali masuk kategori KLA,” kata Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan dan Anak (DPPKBP3A) Palangka Raya Sahdin Hasan di Palangka Raya, Minggu 24 Juli 2022.

Penghargaan tersebut merupakan apresiasi yang diberikan Kementerian PPPA untuk kabupaten/kota yang telah menerapkan sistem pembangunan berbasis hak anak yang mengacu pada sejumlah indikator.

BACA JUGA:   Wanita Pencuri Uang Rp50 Juta Milik Lansia Telah Beraksi Puluhan Kali di Sejumlah Wilayah

Penghargaan KLA merupakan hasil dari menguatnya peran seluruh pihak dalam memenuhi hak dan melindungi anak-anak di “Kota Cantik”.

Capaian tersebut juga salah satu upaya mewujudkan visi dan misi wali kota dengan terwujudnya Kota Palangka Raya yang maju, rukun, dan sejahtera untuk semua.

Kemudian juga menjadikan Kota Palangka Raya “smart environment” (lingkungan cerdas), “smart society” (masyarakat cerdas) dan “smart economy (ekonomi cerdas) melalui investasi pemenuhan dan perlindungan hak anak.

Penghargaan KLA juga menjadi salah satu komitmen Pemkot Palangka Raya menjadikan daerah setempat benar-benar ramah untuk anak sehingga nantinya seluruh hak anak juga terpenuhi secara utuh.

BACA JUGA:   Beasiswa TABE Tak Ada Kejelasan, GMKI Cabang Palangka Raya Akan Segera Gelar Aksi

Pemerintah Kota Palangka Raya melalui berbagai instansi terkait, juga akan berkolaborasi dan secara bertahap meningkatkan sarana dan prasarana penunjang tumbuh kembang anak di pusat layanan publik.

“Capaian anugerah Kota Layak Anak ini juga menjadi penyemangat kami dalam upaya melindungi dan memenuhi hak anak. Kami tidak akan berhenti disini. Dengan adanya penghargaan ini saya mengajak seluruh ASN Palangka Raya bisa lebih semangat,” katanya.

Seluruh elemen masyarakat baik lembaga swadaya masyarakat, pelaku usaha, organisasi kemasyarakatan dan lainnya diajak turut membantu pemerintah dalam menjaga dan memastikan hak-hak anak terpenuhi, baik dari sisi pendidikan, keamanan, sosial, kesehatan dan sebagainya.

ANTARA