DPRD Minta Sosialisasi Perikanan Nelayan Bantaran Sungai Ditingkatkan

Zuli Eko Prasetyo

KUALA PEMBUANG – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan Zuli Eko Prasetyo meminta kepada pemerintah setempat agar bisa meningkatkan sosialisasi terkait aktivitas perikanan untuk masyarakat nelayan di bantaran sungai.

Sosialisasi itu menurutnya sangat penting untuk menunjang hasil tangkapan maupun produksi para nelayan baik itu tangkap maupun budidaya.

“Terlebih lagi masyarakat yang tinggal di sepanjangan aliran sungai itukan banyak yang berprofesi sebagai nelayan, karena memang potensi perikanan sungai kita juga masih cukup melimpah. Dalam rangka meningkatkan hasil tangkapan dan produksi mereka, saya mereka program-program pemberdayaan seperti sosialisasi dan penyuluhan itu perlu dilakukan,” katanya, Senin 25 Juli 2022.

BACA JUGA:   Susun Jadwal, DPRD Gelar Banmus bersama Eksekutif

Selama ini kebanyakan masyarakat nelayan yang ada di Bumi Gawi Hatantiring menangkap ikan masih menggunakan cara-cara tradisional. “Perlu ada semacam edukasi untuk menambah pengetahuan nelayan kita, bagaimana caranya meningkatkan hasil tangkapan, begitu juga dengan nelayan budidaya. Ini juga sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM),” ujarnya.

Selain itu, penangkapan ikan juga harus tetap memperhatikan faktor keramahan lingkungan. Artinya, dalam menangkap ikan tidak boleh menggunakan cara-cara illegal atau yang dilarang seperti meracun, menyetrum dan lain-lain.

BACA JUGA:   Susun Jadwal, DPRD Gelar Banmus bersama Eksekutif

“Ini juga menjadi salah satu alasan mengapa sosialisasi tersebut penting dilaksanakan. Agar masyarakat kita mempunyai kesadaran untuk tidak menangkap ikan dengan cara yang dilarang,” jelasnya.