Pacu Capaian Target Vaksinasi Dinkes Kalteng Buka Posko Layanan di Arena MTQH

Layanan vaksinasi oleh Dinkes Kalteng di kawasan Masjid Raya Darussalam Palangka Raya dalam rangka MTQH tingkat provinsi, Senin (25/7/2022) sore. ANTARA/Muhammad Arif Hidayat

PALANGKA RAYA – Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah memanfaatkan Musabaqah Tilawatil Quran dan Hadits (MTQH) yang digelar di Kota Palangka Raya untuk memacu peningkatan capaian target vaksinasi COVID-19.

“Kami di sini menyediakan posko layanan vaksinasi di sekitar arena MTQH tingkat provinsi di kawasan Masjid Raya Darussalam,” kata salah seorang vaksinator Ade Prima Segara Manurung di Palangka Raya, Senin.

Pelayanan yang pihaknya laksanakan tersebut meliputi vaksinasi dosis pertama, kedua, maupun ketiga atau penguat. Pelayanan dilaksanakan sejak 24-27 Juli 2022, setiap pukul 15.30-20.00 WIB.

“Sejak kemarin cukup banyak masyarakat yang datang untuk mendapat layanan vaksinasi, khususnya untuk dosis ketiga,” terangnya.

BACA JUGA:   10 Orang Petugas RSUD Doris Sylvanus Sudah Diperiksa Polda Kalteng, Diharap Ada Penetapan Tersangka Kasus Dugaan Malapraktik

Masyarakat yang datang dan mengikuti vaksinasi kemarin mencapai puluhan orang untuk dosis ketiga. Namun, ada pula yang menerima vaksinasi dosis pertama, sedangkan pada hari ini layanan vaksinasi yang kembali dimulai sejak sore, tampak sudah melayani sejumlah masyarakat yang ingin divaksinasi.

“Kami mengajak masyarakat khususnya di Palangka Raya yang belum menerima vaksin dosis lengkap untuk datang ke sini,” tuturnya.

Dinkes Kalteng juga mengoptimalkan media sosial untuk menginformasikan adanya layanan vaksinasi di arena MTQH tersebut.

Ia mengharapkan banyaknya masyarakat yang berkunjung untuk melihat MTQH bisa sekaligus memanfaatkan layanan vaksinasi.

Berdasarkan data yang dirilis Tim Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kalteng per 24 Juli 2022, sudah ada sekitar dua juta lebih warga yang menerima vaksin dosis pertama, 1,7 juta lebih warga yang menerima vaksin dosis kedua, serta 493 ribu lebih warga yang menerima vaksin dosis ketiga.

BACA JUGA:   Pentingnya Kesadaran Berbangsa dan Bernegara, Herson B. Aden: Pedoman untuk Hidup Bermasyarakat

Capaian ini merupakan rekapitulasi dari berbagai sasaran target vaksinasi, meliputi SDM kesehatan, pelayan publik, kaum lansia, masyarakat umum dan rentan, remaja usia 12-18 tahun, serta anak-anak usia 6-11 tahun.

Fasilitas kesehatan yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota se-Kalteng 233 unit melaksanakan vaksinasi dengan total 1.832 vaksinator yang sudah dilatih.

ANTARA