Disdik Kotim Usulkan BOP Daerah Dianggarkan

HARI ANAK : IST/BERITA SAMPIT - Bupati dan Wabup Kotim didampingi Bunda PAUD Kotim, Pelaksana Tugas Kadisdik Kotim, Ketua dan anggota Himpaudi Kotim berfoto bersama pada saat memperingati Hari Anak Nasional.

SAMPIT – Penerima Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Daerah khususnya di Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah (Kalteng), hanya untuk jenjang SD dan SMP. Sedangkan kelembagaan PAUD belum ada.

Padahal, kelembagaan PAUD secara umumnya punya tujuannya sama untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan pemerataan akses layanan pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan Kotim melalui Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan PNF Arief mengatakan, untuk saat ini kelembagaan PAUD hanya mengandalkan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) pusat sedangkan di daerah masih diusulkan.

BACA JUGA:   Kurang dari Sepekan, Peristiwa Pencurian Helm Terekam Kamera CCTV 

“Kami mengusulkan dan mengharapkan kepada bapak Bupati Kotim agar BOP Daerah dianggarkan untuk lembaga PAUD,” ucap Arief kepada wartawan media siber beritasampit.co.id saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa 26 Juli 2022.

Dijelaskannya, selama ini yang menerima BOS Pusat maupun BOS Daerah hanya untuk jenjang SD dan SMP, sehingga apa yang diusulkan di kelembagaan PAUD dianggap sangat wajar untuk penyelenggaraan pendidikan.

“Kelembagaan PAUD hanya mengandalkan BOP pusat sedangkan BOP Daerah adalah kebijakan kepala daerah, mudah-mudahan apa yang diusulkan ini dapat dukungan semua pihak terutama anggota DPRD Kotim,” harap Arief yang juga pernah menjabat Kepala Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kotim ini.

BACA JUGA:   Irawati Tetap Ingin Harati Hingga Periode Kedua, Jika Tidak Begini Langkahnya

Diberitakan sebelumnya, Bupati Kotim.Halikinnor mewacanakan akan memperbesar dana BOS Daerah sebagai tambahan untuk operasional sekolah termasuk penggajian guru honor sekolah. Apabila wacana itu terlaksana alangkah eloknya BOP Daerah untuk lembaga PAUD juga ikut dianggarkan. (ifin).