Jamaah Haji Diimbau Sesuaikan Kondisi Kesehatan saat Melakukan Ibadah Arbain

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 2022 Arsad Hidayat (kanan) (ANTARA/HO.MCH2022)

MADINAH – Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 2022, Arsad Hidayat mengimbau jamaah haji untuk mengukur kesehatan masing-masing guna melakukan ibadah Arbain atau shalat berjamaah selama 40 waktu di Masjid Nabawi Madinah.

“Kalau kondisinya tidak memungkinkan, menurut saya cukup shalat di hotel masing-masing, kecuali kalau kondisinya membaik silahkan ke masjid,” kata Arsad di Madinah, Selasa 26 Juli 2022.

Sebelumnya, Arsad saat meninjau Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daerah Kerja (Daker) Madinah melihat beberapa jamaah haji kondisinya menurun setelah puncak haji di Arafah, Muzdhalifah dan Mina (Armuzna).

“Kita sampaikan ke mereka, bapak ibu ketika sembuh langsung kembali ke hotel, jangan lakukan aktivitas yang tidak ada hubungannya dengan ibadah,” katanya.

Dia mengatakan hotel bagi jamaah haji Indonesia di Madinah sangat dekat dengan Masjid Nabawi, sehingga jamaah bisa berjalan kaki untuk melaksanakan shalat berjamaah di Nabawi.

Ia menyatakan jamaah bisa memanfaatkan waktu untuk berziarah, karena merupakan bagian dari fasilitas yang diterima jamaah, misalnya ziarah ke Uhud, Masjid Qiblatain dan tempat bersejarah dalam perjalanan Islam lainnya.

Jamaah haji Indonesia gelombang kedua sudah berada di Madinah sejak 21 Juli 2022, mereka diberangkatkan dari Mekkah setelah melaksanakan rangkaian ibadah haji.

Pemberangkatan jamaah haji gelombang kedua dari Mekkah ke Madinah berlangsung hingga 4 Juli 2022. Jamaah akan berada di Madinah selama delapan hingga sembilan hari untuk melaksanakan ibadah Arbain dan berziarah sebelum kembali ke Tanah Air.

Selain gelombang kedua, jamaah haji gelombang pertama juga sebagian sudah pulang ke Indonesia sejak 15 Juli dan berlangsung hingga 29 Juli mendatang melalui Bandara Internasional Jeddah.

ANTARA