Dinas Pertanian Barito Timur Ajari Petani Cara Membuat Pupuk Organik

Stan Pameran Bersama Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, Dinas Perikanan dan Peternakan dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian mengenalkan produk pupuk cair organik di Expo Barito Timur 2022, Tamiang Layang, Selasa (26/7/2022). ANTARA/HO-Distanhankep Bartim.

TAMIANG LAYANG – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, mengenalkan kepada masyarakat dan petani setempat cara membuat dan mengaplikasikan pupuk organik cair (POC).

“Penggunaan POC bisa memperbaiki unsur tanah dan meningkatkan bahan organik yang ada di tanah,” kata Kepala Dinas Pertanian dan ketahanan Pangan Barito Timur, Trikorianto di Tamiang Layang, Rabu 27 Juli 2022.

Menurut dia, petani juga mulai dikenalkan penggunaan POC untuk mengurangi penggunaan konsumsi pupuk kimia, sehingga hasil pertanian yang dihasilkan lebih sehat tanpa bahan kimia.

Seiring berjalannya waktu nanti, tambah Tri, pihaknya juga membuat perencanaan secara bertahap untuk bisa memproduksi POC secara massal yang nantinya bisa memenuhi kebutuhan POC dalam daerah.

BACA JUGA:   Pemkab Barito Timur Gencarkan Penanaman Jagung untuk Swasembada Pangan

“Sumber daya alam kita di sektor pertanian cukup dan bisa dikatakan lebih memadai, maka kita optimis dalam beberapa waktu ke depan bisa memproduksi POC sendiri dan untuk memenuhi kebutuhan dalam daerah,” kata Tri.

Ia pun berharap, petani mau dan mampu menggunakan pupuk organik cair dalam upaya meningkatkan hasil pertanian yang lebih baik tanpa kimia. Para penyuluh diminta mendampingi petani dalam pengaplikasian POC, agar hasil pertanian bisa meningkat.

“Untuk tahapan awal ini, kita akan mengaplikasikan penggunaan POC pada sektor pertanian padi,” kata Tri.

BACA JUGA:   Rutan Tamiang Layang Kembali Berlakukan Kunjungan Tatap Muka

Penggunaan POC akan dilanjutkan pada tanaman hortikultura lainnya. Keberhasilan ini akan menciptakan petani mandiri. Jika suatu ketika subsidi pupuk dicabut maka para petani sudah dapat mandiri dalam menangani permasalahan kebutuhan pupuk tersebut.

Selain itu, petani di Kabupaten Barito Timur juga bisa meningkatkan kualitas pangan daerah bahkan nasional dengan memproduksi pangan organik ke depannya.

Pangan organik sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia karena kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan adalah zat yang melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

ANTARA

(Visited 3 times, 1 visits today)