Pengelolaan Keuangan Desa Kotim Terbaik Se-Kalteng

ILHAM/BERITA SAMPIT - Penyerahan penghargaan kepada Kecamatan Terbaik sebagai pembina desa dalam pengelolaan keuangan, oleh Bupati Kotim Halikinnor, didampingi wakil bupati Irawati, Rabu 27 Juli 2022.

SAMPIT – Kabupaten Kotawaringin Timur, berhasil menorehkan prestasi dengan menjadi Kabupaten Terbaik di Kalimantan Tengah dalam sistem pengelolaan keuangan Desa.

“Pengelolaan keuangan desa kita terbaik di 13 Kabupaten di Kalteng,” kata Bupati Kotim Halikinnor, dalam sambutannya pada kegiatan Launching Siskeudes Online, bertempat di Gedung Serbaguna Sampit, Rabu 27 Juli 2022.

Menurutnya Dengan launching sistem keuangan desa berbasis online tersebut, dirinya optimis pengolahan laporan keuangan pada seluruh desa di Kotim akan semakin mudah dan cepat.

“kita akan menggunakan sistem online untuk laporannya, terutama pada desa-desa yang bisa dijangkau dengan internet,” ucapnya

“Sedangkan desa yang belum terjangkau internet insya allah termasuk yang terjauh seperti Desa Tumbang Gagu akan kita berikan BTS di sana. Mudah-mudahan desa-desa yang blank spot sudah tidak ada lagi kedepannya,” sambung Halikin.

Dijelaskan, penggunaan Siskeudes juga lebih transparan dan akuntabel, sehingga mudah memantau dan mengetahui langsung laporan penggunaan dana desa.

“Program ini juga sesuai yang diinstruksikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kejagung, maupun Kapolri harus transparan, sehingga tidak ada lagi penyimpangan-penyimpangan dana desa, karena itu merupakan keuangan negara,” ucapnya.

Halikin berharap, dengan adanya Siskeudes pengelolaan keuangan desa lebih baik, tepat waktu dan sasaran serta bermanfaat besar untuk masyarakat. (ilham)