Industri Furniture Harus Terus Dikembangkan

IST - Wakil Ketua II DPRD Murung Raya, Rahmanto Muhidin

PURUK CAHU – Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) yang merupakan binaan dari Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Diskop UKM Perindag) sejak di resmikan Bupati Murung Raya Perdie M Yoseph pada 15 Desember 2021 lalu.

Saat ini telah berjalan dengan membina beberapa pengrajin mebel lokal, hingga saat ini Sentra IKM Furniture telah memproduksi cukup banyak produk-produk furniture dengan kualitas tinggi dan sejajar dengan produk olahan yang ada di pasaran saat ini.

Oleh karena itu, Wakil Ketua II DPRD Murung Raya Rahmanto Muhidin mendorong pemerintah daerah agar terus kembangkan Sentra IKM Furniture yang berada di Kawasan Wisata Pasir Putih Desa Danau Usung Kecamatan Murung sebagai salah satu upaya meningkatkan ekonomi kerakyatan sekaligus sebagai sumber pendapatan asli daerah (PAD).

BACA JUGA:   Pemberian Kurikulum Pembelajaran Tentang Lalu Lintas Dapat Tekan Angka Kecelakaan

“Sentra IKM Furniture ini merupakan salah satu program pemerintah daerah yang di dukung oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Perindustrian, telah berjalan dan mampu berproduksi. Sehingga perlu terus di kembangkan baik secara fisik atau fasilitasnya maupun pemberdayaan masyarakat pengrajin maupun pelaku usaha industri kecil menengah ini,” kata Rahmanto Muhidin, Kamis 28 Juli 2022.

Politisi partai PKB ini juga mengungkapkan, dengan berjalannya program tersebut pihak Diskop UKM Perindag pun perlu segera berbenah khususnya bidang perindustrian untuk berinovasi bagaimana menciptakan peluang sumber pendapatan asli daerah (PAD) dari IKM ini.

BACA JUGA:   Peran Keluarga Sangat Penting Menanggulangi dan Mencegah Stunting

“Diskop UKM Perindag harus segera berinovasi dan menyusun legal standing dari sektor mana pada industri furniture ini yang bisa menjadi sumber pendapatan bagi daerah yang sah,” ungkap tokoh muda asli Murung Raya ini lagi.

Menurutnya, sektor industri furniture ini harus terus berkembang merupakan salah satu sektor yang mampu membantu pemerintah daerah membangun, dengan kontribusinya besarnya.

“Kami mendorong pihak terkait untuk bersama-sama mendukung suksesnya program pemerintah daerah ini, sehingga upaya kita untuk meningkatkan pendapatan asli daerah pun bisa terus meningkat,” tandasnya.

(lulus)

(Visited 12 times, 1 visits today)