Kampus Unda Sampit Kerjasama dengan Google Crowdsource, Upaya Pemudah Masyarakat Mencari Informasi

IBRAHIM JM/BERITA SAMPIT- Pihak Google crowdsource saat memberikan penjelasan terkait kerjasama dengan Kampus Unda.

SAMPIT- Universitas Darwan Ali (Unda) Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur terus mengupayakan kemudahan bagi masyarakat dalam mencari informasi lewat google terutama yang berkaitan dengan budaya lokal.

Berkaitan dengan itu, Kampus Unda melakukan kerjasama dengan Google crowdsource sebagai mesin learning dan sumber informasi bagi masyarakat luas.

“Kerjasama yang dimaksud, mahasiswa Unda diminta memasukan data ke google crowdsource dan sebaliknya mereka memberikan pelatihan tentang YouTube Google analitik, cara membuat aplikasi dan segala macam,” ungkap Rektor Unda Wendi Kusuma, 28 Juli 2022.

BACA JUGA:   Penginapan Karyawan Hotel di Sampit Nyaris Jadi Arang

Sementara, Andra menilai selaku peneliti dan akademisi, kerjasama itu akan memberikan kemudahan dalam mencari informasi yang berkaitan dengan budaya lokal yang sama sekali belum terdeksi oleh google selama ini.

“Sebagai dosen saya terkadang kesulita mencari hal-hal yang berbau ke daerahan. misalnya kita ketik rumput tekad, makanan daerah sini, itu tidak ada gambarnya, itu yang mau diperlihatkan sebenarnya,” ujar Dosen Bidang Studi Bahasa Inggris, Andra.

Ia menambahkan, google selama ini, belum mampu memberikan informasi yang deteil terkai dengan kebutuhan masyarakat luas.

BACA JUGA:   Bidang GTK Disdik Kotim Juara Lomba Memasak Nusantara

“Kadang kita punya kesulitan dalam menerjemahkan bahasa Indonesia ke bahasa Inggris, dan kurangnya informasi atau artikel dan referensi yang kita butuhkan di google,” Jelas Andra.

Bekerjasama itu sudah berjalan selama tuju bulan, diikuti oleh 100 mahasiswa yang tersertikasi dan 18 mahasiswa yang menjadi kontributor terbaik, program itu dilakukan secara virtual.

(Ibra)

(Visited 1 times, 1 visits today)