Pemkab Gunung Mas Gelar Rapat Sinkronisasi Indikator Makro Sebagai Acuan Kebijakan

M.SLH/BERITA SAMPIT - Rapat sinkronisasi Indikator Makro Daerah Kabupaten Gunung Mas tahun 2022.

KUALA KURUN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunung Mas Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan menggelar rapat sinkronisasi Indikator Makro Daerah Kabupaten Gumas tahun 2022 di aula Bappedalitbang, Kamis 28 Juli 2022.

Kepala Bappedalitbang Kabupaten Gunung Mas, Yantrio Aulia menyebutkan, tujuan diadakannya kegiatan tersebut yaitu memberikan gambaran dalam wujud angka-angka yang dihasilkan dari perhitungan berdasarkan berbagai pendekatan, baik pendekatan produksi, pendapatan maupun pengeluaran secara kaidah statistik.

“Kegiatan ini akan menjadi acuan dalam membantu merumuskan di setiap kebijakan Pemerintah Daerah (Pemda),” kata Yantrio Aulia.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, kegiatan ini dilaksanakan atas dasar yakni sebelumnya telah dilaksanakan Konsultasi Regional (KONREG) Kalimantan Tengah, maka terlebih dahulu dilaksanakan kegiatan terkait Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) untuk skala kabupaten/kota.

“Yang mana nantinya akan diketahui sektor apa saja dalam pertumbuhan ekonomi yang perlu dikoordinasikan oleh lintas sektor. Terutama peran Perangkat Daerah dalam acuan pertumbuhan ekonomi secara khusus di Kabupaten Gunung Mas,” tuturnya.

Dirinyapun menjelaskan, bahwa sebagai gambaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) merupakan potret perekonomian suatu daerah. Dimana dari data PDRB ini dapat memiliki citra jumlah keseluruhan nilai tambah barang dan jasa yang dihasilkan dari semua kegiatan perekonomian di seluruh wilayah.

“Berdasarkan hal di atas, rekan kerja kita dari Kantor Badan Pusat Statistik Kabupaten Gunung Mas kami minta untuk membantu kegiatan Produk Domestik Regional Bruto ini. Sehingga pada waktunya nanti rekan-rekan Perangkat Daerah dapat mendiskusikan apa sebab angkanya naik atau turun,” tutup Yantrio Aulia. (M.Slh).