Jamaah Haji Gelombang Kedua Mulai Dipulangkan ke Tanah Air

Jamaah haji melakukan sujud syukur saat turun dari pesawat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Kamis (/28/7/2022). ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/YU/aa. (ANTARA FOTO/ABRIAWAN ABHE)

MEKKAH – Jamaah haji gelombang kedua mulai dipulangkan menuju Tanah Air dari Bandara Abdul Aziz (AMAA) Madinah pada Sabtu, 30 Juli 2022.

“Dini hari nanti, kita mulai memulangkan jamaah haji dari Madinah ke Tanah Air. Insya Allah, seluruh petugas sudah siap untuk memfasilitasi layanan kepulangan jamaah,” kata Kepala Daker Madinah Amin Handoyo di Madinah, Jumat 29 Juli 2022.

Amin Handoyo mengatakan seluruh petugas sudah siap dengan dimulainya fase pemulangan jamaah haji dari Madinah menuju Tanah Air.

Menurut Amin, ada lima kelompok terbang (kloter) jamaah haji Indonesia yang akan berangkat pada hari pertama pemulangan, yaitu kloter 24 Embarkasi Jakarta – Pondok Gede/JKG 24 yang terbang pukul 04.30 Waktu Arab Saudi (WAS).

Kemudian kloter 8 Embarkasi Medan/MES 8 pada pukul 07.10 WAS, kloter 5 Embarkasi Aceh/BTJ 5 pada pukul 08.50 WAS, kloter 22 Embarkasi Solo/SOC 22 pukul 14.10 WAS, dan kloter 3 Embarkasi Makassar/UPG 3 pukul 16.50 WAS.

Lebih lanjut, dia mengatakan proses penimbangan koper bagasi jamaah dilakukan sejak dua hari sebelum kepulangan (H-2). Ia mengingatkan agar jamaah mematuhi ketentuan terkait barang bawaan yang dilarang dimasukkan dalam koper bagasi.

“Ketentuan berat maksimal koper bagasi, tas kabin, serta barang bawaan antara pemulangan melalui Jeddah maupun Madinah tidak berbeda. Jamaah tidak diperkenankan memasukkan air zamzam ke dalam koper bagasi. Juga barang-barang lainnya yang tidak diperkenankan berdasarkan aturan penerbangan,” kata Amin.

Selain pemulangan jamaah ke Tanah Air, Daker Madinah juga masih akan menerima kedatangan jamaah haji gelombang kedua dari Mekkah. Sampai saat ini sudah 29.413 jamaah yang tergabung dalam 74 kloter yang diberangkatkan dari Mekkah dan tiba di Madinah.

Jamaah haji di Madinah saat ini menjalani ibadah Arbain sembari menunggu jadwal kepulangan.

Proses kedatangan jamaah haji dari Mekkah ke Madinah akan berlangsung sampai 4 Agustus 2022. Sementara untuk kepulangan jamaah haji dari Madinah ke Tanah Air akan berakhir pada 13 Agustus 2022.

ANTARA