Jamaah Haji Kloter 4 Banjarmasin Tiba di Tanah Air

Jamaah haji yang tergabung dalam Kloter 4 tiba di Bandar Udara Internasional Syamsuddin Noor Banjarmasin di Kota Banjar Baru, Provinsi Kalimantan Selatan, Jumat, (29/7/2022). (ANTARA/HO Kemenag Kalsel)

BANJARMASIN – Jamaah dan petugas haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 4 Embarkasi Banjarmasin tiba di Bandar Udara Internasional Syamsuddin Noor Banjarmasin di Kota Banjar Baru, Provinsi Kalimantan Selatan, pada Jumat 29 Juli 2022 pukul 06.50 WITA.

Menurut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan H Muhammad Tambrin, jamaah Kloter 4 diberangkatkan dari Bandara King Abdulaziz di Kota Jeddah, Arab Saudi, pukul 12.07 waktu Arab Saudi (WAS).

Kloter 4 anggotanya 359 orang yang terdiri atas 137 orang dari Kabupaten Tanah Laut, 70 orang dari Kabupaten Tanah Bumbu, 94 orang dari Kabupaten Kotabaru, 53 orang dari Kota Banjarmasin, empat petugas kloter, dan satu petugas haji daerah.

Menurut Tambrin, jumlah anggota Kloter 4 tidak berubah dari saat keberangkatan. Satu anggota Kloter 4 asal Hulu Sungai Selatan yang dipindahkan ke Kloter 2 digantikan oleh satu anggota Kloter 5 dari Kabupaten Tanah Laut.

Setelah kedatangan jamaah haji dalam Kloter 4, daerah Debarkasi Banjarmasin total sudah menerima kedatangan 1.430 orang dari Tanah Suci.

Pada pelaksanaan ibadah haji tahun 2022 ada tujuh kloter yang meliputi 2.510 orang yang diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Bandar Udara Internasional Syamsuddin Noor Banjarmasin.

Jamaah yang berangkat melalui bandara itu terdiri atas 1.758 orang asal Kalimantan Selatan dan 752 orang asal Kalimantan Tengah.

Sampai saat ini ada tiga anggota jamaah haji daerah Embarkasi Banjarmasin yang meninggal dunia di Tanah Suci, satu anggota Kloter 1 asal Balangan, satu anggota Kloter 3 asal Kabupaten Hulu Sungai Utara, dan satu anggota Kloter 3 dari Kabupaten Tapin.

ANTARA