358 Jamaah Haji asal Kalteng Tiba di Banjarmasin

Jamaah haji Kloter 5 Embarkasi Banjarmasin, Kalsel berasal dari Kalteng saat tiba di Bandara Syamsuddin Noor, Sabtu. (30/7/2022). (Antara/Kanwil Kemenag Kalsel)

BANJARMASIN – Jamaah haji Kloter 5 Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan, tiba di tanah air di Bandara Internasional Syamsuddin Noor Banjarmasin, Sabtu sekitar pukul 16.38 Wita, membawa jamaah dari Kalimantan Tengah.

Jamaah haji Kloter 5 ini membawa jamaah dari Kalimantan Tengah 358 orang, yakni dari  Palangka Raya 112 orang, Kabupaten Barito Selatan sebanyak 61 orang.

Selanjutnya dari Kabupaten Kotawaringin Barat 61 orang, Kabupaten Kotawaringin Timur 91 orang, Kabupaten Lamandau sembilan orang, Kabupaten Pulang Pisau 16 orang dan Kabupaten Gunung Mas dua orang.

Kemudian ditambah empat orang petugas haji Kloter dan dua orang petugas haji daerah.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan Dr H Muhammad Tambrin di Banjarmasin, Sabtu 30 Juli 2022, mengatakan sejak dulu keberangkatan jamaah haji dari Kalteng atau provinsi tetangga melalui Embarkasi Banjarmasin, Kalsel.

Termasuk pada musim haji tahun ini yang jumlahnya 2 Kloter penuh atau sebanyak 752 orang jamaah haji, yakni, Kloter 5 dan Kloter 6.

“Kita bersyukur kedatangan Kloter 5 Embarkasi Banjarmasin ini berjalan lancar,” tuturnya.

Setelah melaksanakan acara penyambutan kedatangan jamaah haji di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Kota Banjarbaru, para jamaah haji asal Kalteng ini baru diantar kampung halamannya.

Sebelum memasuki asrama haji, para jamaah haji diperiksa kesehatannya atau dites antigen aman dari terpapar COVID-19.

Dengan kedatangan Kloter 5 ini, maka jamaah haji Embarkasi Banjarmasin yang sudah tiba di tanah air sebanyak 1.788 orang dari total haji yang diberangkatkan sebanyak 2.510 orang.

Dengan rincian sebanyak 1.758 orang jamaah haji dari Kalsel dan sebanyak 752 orang dari Kalteng.

Sampai saat ini, jamaah haji Embarkasi Banjarmasin yang wafat sebanyak 3 orang, yakni, Samsinah binti Usman Hasbulah usia 50 tahun dari Kloter 1 asal Balangan saat dalam penerbangan ke Madinah.

Kemudian Sugiansyah Basuki M. Yamin berusia 50 tahun dari Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) pada Kloter 3 Embarkasi Banjarmasin wafat di Madinah.

Terakhir Mislina Muhammad Saberani pada usia 44 tahun berasal dari Kabupaten Tapin dari Kloter 3 di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah saat fase Armuzna.

ANTARA