Bupati Sakariyas dorong Kemandirian Desa

IST/BERITA SAMPIT- Bupati Katingan Sakariyas saat menyerahkan Piala juara I Lomba Gotong Royong di Desa Tumbang Gaei., 28 Juli 2022.

KASONGAN – Tujuh Desa mengikuti penilaian Bulan Bhakti Gotong Royong Desa dan Kelurahan Tingkat Kecamatan. Desa Napu Sahur Kecamatan Katingan Tengah Kabupaten Katingan terpilih menjadi juara I.

Sedangan posisi juara II disabet Desa Telangkah Kecamatan Katingan Hilir, Juara III Desa Tumbang Labehu Kecamatan Sanaman Mantikei.

Bupati Sakariyas berharap bagi desa yang belum mendapatkan juara agar terus semangat dalam bergotong royong.

Dia berpesan agar hadiah berupa uang pembinaan yang diterima oleh desa agar segera dimasukan ke dalam anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) perubahan tahun 2022.

BACA JUGA:   Meriahnya Pawai Pembangunan Padati Kota Kasongan

“Saya perintahkan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Katingan serta Inspektorat untuk mengawasinya dan melaporkannya kepada saya,” tuturnya di acara Penutupan Bulan Bakti Gotong Royong di Desa Tumbang Gaei. belum lama ini.

Menurut Bupati dana tersebut untuk mendukung program-program pembangunan yang ada di desa. lomba gotong royong dan lomba desa ini tidak semata-mata mengejar juara melainkan mengevaluasi sejauhmana upaya terwujudnya kemandirian desa dan kelurahan sesuai indikator pembangunan.

BACA JUGA:   Pemkab Katingan Diminta Lebih Optimalkan Tugas dan Kewajiban Kegiatan Bersifat Fisik

Diantaranya aspek ekonomi, kemasyarakatan, sosial budaya dan agama, lingkungan, serta kewilayahan. penerapan kearifan nilai-nilai sosial budaya lokal dalam aspek gotong royong dan keswasembadaan patut untuk didaya gunakan, dilestarikan dan dikembangkan agar benar-benar menjadi potensi untuk terus membangun desa.

(Kawit)

 

(Visited 8 times, 1 visits today)