Hujan Lebat Diprakirakan Guyur Sejumlah Daerah di Indonesia

Ilustrasi - Seorang pria menggunakan payung untuk berlindung dari gerimis pada pagi hari yang basah di kawasan Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. ANTARA/Maryati/aa.

JAKARTA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat mengguyur sejumlah daerah di Indonesia pada Sabtu, yakni di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung dan Banten.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari laman resmi BMKG di Jakarta, Sabtu 30 Juli 2022, cuaca serupa juga berpotensi terjadi di Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Sedangkan hujan disertai kilat/petir dan angin kencang diprakirakan melanda Sulawesi Selatan.

BMKG juga memprakirakan Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur berpotensi mengalami angin kencang.

BMKG memperingatkan potensi banjir di Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tenggara dan Papua Barat. Sedangkan potensi kebakaran hutan ada di Nusa Tenggara Timur.

BMKG memberikan peringatan potensi gelombang tinggi 4-6 meter di sejumlah perairan, yaitu Perairan Utara Sabang, Perairan Barat Aceh-Kepulauan Mentawai, Samudra Hindia Barat Sumatra, Perairan Selatan Pulau Jawa dan Samudra Hindia Selatan Jawa-Nusa Tenggara Barat.

Masyarakat dan bidang pelayaran diimbau untuk memperhatikan potensi gelombang tinggi tersebut.

ANTARA