Sakariyas : Budaya Gotong Royong Bukan Hanya Slogan, Tapi Wujudkan dengan Tindakan

IST/BERITA SAMPIT - Bupati Katingan saat diacara Penutupan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat Ke-19, Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Ke-50 dan Hari Keluarga Nasional Ke-29 Tingkat Kabupaten Katingan di Desa Tumbang Gaei. Kamis 28 Juli 2022.

KASONGAN – Bupati Katingan Sakariyas menutup secara resmi kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat Ke-19 yang dirangkai dengan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-50 dan Hari Keluarga Nasional Ke-29 Tingkat Kabupaten Katingan Tahun 2022. Kamis, 28 Juli 2022.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Pencanangan yang telah dilaksanakan pada tanggal 12 Mei 2022 di Desa Mekar Tani Kecamatan Mendawai.

Bupati Sakariyas mengatakan kegiatan ini bukan saja menjadi kegiatan rutinitas tahunan semata, dia berharap dapat memberikan efek positif dan manfaat yang besar, khususnya bagi terciptanya penguatan integrasi sosial dalam pelaksanaan pembangunan.

Selain itu juga dapat meningkatkan rasa memiliki dan rasa tanggung jawab masyarakat, terhadap hasil-hasil pembangunan yang telah dicapai.

“Saya berpesan kepada kita semua, agar gotong royong bukan hanya kita jadikan sebagai slogan atau sebatas kata-kata saja, budaya gotong royong harus kita wujudkan dalam sebuah tindakan yang nyata, karena gotong royong merupakan kekuatan dan modal sosial dalam kehidupan bermasyarakat,” ungkap Bupati, belum lama ini.

Diketahui belum lama ini telah dilaksanakan lomba pelaksana terbaik gotong royong Masyarakat Desa Tingkat Kabupaten Katingan tahun 2022,

Diikuti oleh 13 (tiga belas) desa dari 13 (tiga belas) kecamatan Se-Kabupaten Katingan, 13 (tiga belas) desa tersebut merupakan terbaik 1 (satu) pada lomba Gotong Royong masyarakat Desa Tingkat Kecamatan tahun 2022.

Dari hasil penilaian diperoleh desa yang menjadi juara dalam lomba tersebut yaitu Juara I Desa Tewang Manyangen, Kecamatan Tewang Sangalang Garing. Juara II Desa Kampung Keramat, Kecamatan Katingan Kuala, Juara III Desa Telok, Kecamatan Katingan Tengah.

Kemudian juara harapan I Desa Hiyang Bana, Kecamatan Tasik Payawan. Juara harapan II Desa Talangkah, Kecamatan Katingan Hilir. Juara Harapan III Desa Asem Kumbang, Kecamatan Kamipang.

(kawit)