Wali Kota Sebut 18 Pasien COVID-19 di Palangka Raya Sembuh

Wali Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Fairid Naparin. (ANTARA/Rendhik Andika)

PALANGKA RAYA – Wali Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Fairid Naparin menyebutkan sebanyak 18 pasien COVID-19 di kota setempat dinyatakan sembuh.

“Sampai Jumat 29 Juli ada 18 pasien yang dinyatakan sembuh dari infeksi virus corona sehingga saat ini tinggal 207 orang yang menjalani perawatan,” kata Fairid di Palangka Raya, Sabtu 30 Juli 2022.

Dia mengatakan sampai waktu yang sama, pihaknya melalui Satgas Penanganan COVID-19 mencatat dari total 18.130 kasus COVID-19, sebanyak 17.373 dinyatakan sembuh.

Meski tingkat kesembuhan tinggi, masyarakat tetap diminta selalu waspada terhadap penyebaran COVID-19.

Selain itu harus selalu menaati aturan yang ada termasuk protokol kesehatan secara ketat. Apalagi Satgas setempat juga mencatat sebanyak 550 pasien corona meninggal dunia.

“Jika merasa tidak sehat sebaiknya segera periksa ke dokter dan fokus pada penyembuhan guna menghindari potensi penyebaran virus corona. Meski saat ini ada kelonggaran dalam beraktivitas, saya minta tetap gunakan masker dan tidak berkerumun saat beraktivitas di luar ruangan yang melibatkan banyak orang,” katanya.

Dalam rangka memutus mata rantai penyebaran COVID-19, Pemerintah Kota Palangka Raya melalui tim gugus tugas terus melakukan berbagai upaya mulai dari sosialisasi, deteksi dini, pengamanan hingga penanganan kasus.

Pemerintah bersama berbagai pihak terkait pun menggencarkan vaksinasi sebagai upaya meningkatkan daya tahan tubuh menghadapi paparan virus tersebut.

“Vaksinasi merupakan upaya paling efektif untuk mencegah penyebaran COVID-19 atau minimal mengurangi risiko keparahan paparan virus corona. Untuk itu, warga yang telah masuk kriteria segera vaksinasi ‘booster’,” katanya.

Berdasar data Satgas Penanganan COVID-19 Kota Palangka Raya, sampai Kamis 28 Juli 2022, jumlah warga di kota setempat yang telah mengikuti vaksinasi dosis penguat tercatat 82.637 orang dari total target 223.417 orang divaksin.

Satgas juga mencatat 263.268 orang telah divaksin dosis pertama yang mana 227.578 orang diantaranya juga sudah mengikuti vaksin dosis kedua.

ANTARA