722 Jemaah Haji Kloter 6 dan 7 Embarkasi Banjarmasin Dipulangkan melalui Bandara di Madinah

Saat pesawat Garuda Indonesia tiba di Bandara Syamsuddin Noor mengangkut kepulangan jamaah haji Embarkasi Banjarmsin, Kalsel.(Antara/Kemenag Kalsel)

BANJARMASIN – Sebanyak 722 haji Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yang tergabung di Kloter 6 dan 7, dipulangkan ke Tanah Air melalui bandara di Madinah, Arab Saudi.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan Dr H Muhammad Tambrin di Banjarmasin, Minggu 31 Juli 2022, mengatakan Kloter 6 dan 7 Embarkasi Banjarmasin masuk gelombang kedua kepulangan jamaah haji Indonesia ke Tanah Air.

Menurut dia, pada kepulangan jamaah haji Indonesia, termasuk dari Embarkasi Banjarmasin pada gelombang dua ini dimulai 30 Juli 2022, yakni, diberangkatkan dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah.

“Hari ini 31 Juli 2022 Kloter 6 Embarkasi Banjarmasin dipulangkan dari Madinah ke Tanah Air,” ujarnya.

Menurut dia, jamaah haji Kloter 6 Embarkasi Banjarmasin ini berasal dari Provinsi Kalimantan Tengah.

Diperkirakan jamaah haji Kloter 6 Embarkasi Banjarmasin tiba di Bandara Internasional Syamsuddin Noor Banjarmasin Kalsel pada Senin 1 Agustus 2022 sekitar pukul 01.23 Wita.

“Semoga semuanya berjalan pancar, jamaah haji sampai ke kampung halaman dengan selamat, mendapat haji yang mabrur,” papar Tambrin.

Menurut dia, jumlah jamaah haji Embarkasi Banjarmasin yang belum pulang ke Tanah Air pada dua kloter ini sebanyak 722 orang termasuk petugas haji.

Hingga saat ini lima kloter haji Embarkasi Banjarmsin Kalsel sudah tiba di Tanah Air pada kepulangan jamaah haji Indonesia gelombang pertama dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah.

Total jamaah haji Embarkasi Banjarmasin yang sudah pulang ke Tanah Air sebanyak 1.788 orang dari total haji yang diberangkatkan sebanyak 2.510 orang.

Embarkasi Banjarmasin pada musim haji 2022 ini menerbangkan tujuh kloter dengan jumlah haji sebanyak 1.758 orang dari Kalsel dan sebanyak 752 orang dari Kalteng.

Sampai saat ini, jamaah haji Embarkasi Banjarmasin yang wafat sebanyak tiga orang, yakni Samsinah binti Usman Hasbulah usia 50 tahun dari Kloter 1 asal Balangan saat dalam penerbangan ke Madinah.

Kemudian Sugiansyah Basuki M. Yamin berusia 50 tahun dari Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) pada Kloter 3 Embarkasi Banjarmasin wafat di Madinah.

Terakhir Mislina Muhammad Saberani pada usia 44 tahun berasal dari Kabupaten Tapin dari Kloter 3 di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah saat fase Armuzna.

ANTARA