Bungkam Persis 2-1 Sebagai Kemenangan Pertama Persija

Pelatih Persija Jakarta Thomas Doll (dua kiri) dan Gelandang Persija Jakarta Hanno Behrens (dua kanan) memberi keterangan kepada jurnalis selepas pertandingan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Minggu dini hari (24/7/2022). (ANTARA/Genta Tenri Mawangi)

JAKARTA – Tim Persija Jakarta meraih kemenangan pertamanya di musim kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2022/2023 setelah membungkam Persis Solo 2-1 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu 30 Juli 2022.

Di pertandingan pekan kedua tersebut, gol-gol Persija diciptakan oleh Hanno Behrens (14′) dan Frengky Daener Missa (44′), sedangkan gol Persis disumbangkan oleh Samsul Arif (48′).

Dengan koleksi tiga poin, Persija, yang takluk 0-1 dari Bali United di pertandingan pertama, naik ke peringkat tujuh sedangkan Persis, yang dua kali menelan kekalahan menghuni posisi buncit di peringkat ke-18.

Persija tampil menyerang sejak sepakmula dan pada menit keempat Riko Simanjuntak mendapat umpan matang di depan gawang namun tidak dibarengi dengan eksekusi sundulan yang apik untuk mengancam gawang lawan.

Tiga menit berselang, Michael Krmencik lepas dari kawalan bek persis hingga menusuk ke area pertahanan lawan, namun laju pemain Ceko itu masih dapat ditahan oleh kiper Persis Muhammad Riyandi.

Skuad Macan Kemayoran tak mengendurkan serangan, dan mendapat peluang lagi pada menit ke-11 saat Syahrian Abimanyu melakukan tembakan keras dari luar gawang namun bola masih dapat ditepis Riyandi.

BACA JUGA:   SMPN 1 Sampit Juara usai Kalahkan SMPN 3 Sampit di Final

Tiga menit berselang, Abimanyu kembali menjadi motor serangan Persija dan memberikan umpan terobos ke Hanno Behrens yang mendapat ruang gerak di sisi kiri hingga ke kotak penalti sebelum mengeksekusi bola ke tiang dekat melewati kedua kaki Riyandi untuk membuka keunggulan bagi tim tuan rumah.

Setelah mencetak gol perdananya di Liga 1 dan bagi Persija, Behrens hampir menjebol gawang Persis untuk kedua kalinya dari jarak dekat setelah mendapat umpan silang dari Krmencik pada menit ke-26, tapi sundulan pemain Jerman itu mengirim bola melambung ke atas gawang.

Jakmania kembali membuat Stadion Patriot Chandrabhaga bergemuruh setelah Frengky Missa menjebol gawang Persis lewat tendangan cantik dari sisi kanan dua menit jelang turun minum guna menggandakan keunggulan tuan rumah.

Dominasi Persija terlihat dengan enam tembakan, empat di antaranya mengarah ke gawang, ketimbang Persis yang membukukan hanya satu tendangan di paruh pertama.

Tertinggal dua angka, tim tamu membuat kejutan dengan mencetak gol cepat di awal babak kedua ketika striker muda Althaf Indie berlari kencang dari sisi kanan dan tak terkejar bek Persija, sebelum membagi bola ke Samsul Arif yang menunggu di tiang jauh lewat umpan silang yang diselesaikan dengan baik oleh pemain senior itu dengan kaki kirinya.

BACA JUGA:   Menang Adu Penalti Antarkan SDN 1 Ketapang Juara Turnamen Mini Soccer

Meski memasukkan Irfan Bachdim di babak kedua, Persis Solo kewalahan menembus lini pertahanan Persija yang dikawal Maman Abdurrahman dkk.

Rekrutan anyar Abdulla Yusuf menjalani debutnya untuk Persija di babak kedua. Pemain asal Bahrain itu memiliki peluang mencetak gol pertamanya untuk tim barunya setelah berdiri bebas di sisi kanan gawang menerima bola umpan dari Riko Simanjuntak. Namun, tendangan mantan pemain klub liga Ceko Slavia Praha itu masih bisa diamankan kiper Persis di tiang dekat.

Persija mendapat peluang emas jelang bubaran ketika Muhammad Ferrari, setelah menerima umpan Riko, melakukan tendangan keras dari luar kotak penalti yang memaksa kiper Rinaldi bekerja keras menepis bola dari gawangnya.

Tim tamu berupaya memanfaatkan tambahan tiga menit untuk menyamakan kedudukan, namun tendangan Eky Taufik dari luar kotak masih terlalu lemah dan bola dapat diamankan oleh kiper Andritany.

Persija akan dijamu oleh PSM pada Jumat (5/8) pekan depan, sementara Persis akan bertamu ke markas Tira-Persikabo pada Minggu (7/8). (Antara).