Hujan Lebat Diprakirakan Guyur Tujuh Daerah di Kaltim 1-2 Agustus

Informasi prakiraan cuaca di Kota Samarinda pada Senin dan Selasa yang dirilis BMKG Balikpapan, Minggu (31/7) (Ist/ BMKG Balikpapan)

BALIKPAPAN – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan tujuh daerah (kabupaten/kota) di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengalami hujan lebat hingga hujan petir pada Senin-Selasa, 1-2 Juli 2022.

“Hujan lebat dan hujan petir ini dapat berakibat pada sejumlah hal, sehingga semua pihak kami harap waspada terhadap dampaknya,” ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Heni Herlina di Balikpapan, Minggu 31 Juli 2022.

Dampak dari hujan lebat hingga hujan petir yang dapat disertai angin kencang antara lain banjir, sungai meluap, jalan licin, pohon tumbang dan tanah longsor, sehingga kehati-hatian harus diutamakan semua pihak.

Peringatan terhadap prakiraan peristiwa ini pun telah disampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di kabupaten/kota, agar bisa dilakukan antisipasi untuk meminimalisir dampaknya terhadap masyarakat.

BACA JUGA:   Anak-anak Jaga Kesehatan Mulut dan Gigi Sebagai Bagian Penting Jaga Kesehatan Badan

Adapun tujuh daerah tersebut adalah Kota Samarinda, Balikpapan, Kabupaten Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Mahakam Ulu, Penajam Paser Utara dan Kabupaten Paser.

Rinciannya adalah di Kota Samarinda diprakirakan terjadi hujan lebat di empat kecamatan pada Selasa (2/8) pukul 05.00 Wita, yakni Kecamatan Loa Janan Ilir, Palaran, Sungai Kunjang, dan Kecamatan Samarinda Seberang.

Kabupaten Kutai Kartanegara pada Senin (1/8) pukul 20.00 Wita, hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Tabang, pada Selasa pukul 05.00 wita, hujan lebat hingga hujan petir berpotensi terjadi di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Muara Muntai, Muara Wis dan Sanga-Sanga.

Di Penajam Paser Utara hujan petir berpotensi terjadi di Kecamatan Sepaku, pukul 05.00 Wita. Di Kabupaten Mahakam Ulu, hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Long Bagun pada Senin pukul 17.00 Wita.

BACA JUGA:   BMKG Deteksi 129 Titik Panas Tersebar pada Tujuh Kabupaten/Kota di Kaltim

Kabupaten Kutai Barat, lanjutnya, hujan petir diprakirakan terjadi hanya di Kecamatan Penyinggahan, yakni pada Selasa, pukul 05.00 Wita.

Hujan petir di Balikpapan pada Selasa pukul 05.00 Wita diprakirakan terjadi pada empat kecamatan, yakni Kecamatan Balikpapan Kota, Balikpapan Timur, Balikpapan Barat dan Balikpapan Utara.

“Di Kabupaten Paser, hujan petir diprakirakan terjadi pada Selasa pukul 05.00 dan 08.00 Wita di enam kecamatan, yakni Kecamatan Tanah Grogot, Batu Sopang, Batu Engau, Kuaro, Pasir Belengkong, dan Tanjung Harapan,” kata Heni.

ANTARA

(Visited 9 times, 1 visits today)