KPU Barsel Membuka Layanan Helpdesk Sipol

DEDDY/BERITA SAMPIT - Ketua KPU Kabupaten Barsel, Bahruddin.

BUNTOK – Dalam rangka memberikan pelayanan dan komunikasi yang baik dengan Partai Politik (Parpol) calon peserta Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) membuka layanan Helpdesk Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

“Sebab Parpol calon peserta pemilu kemungkinan akan lebih banyak berhubungan dengan Sipol ini yang dibangun dan digunakan oleh KPU RI dalam pendaftaran dan verifikasi penetapan parpol peserta pemilu tahun 2024 mendatang,” kata Ketua KPU Kabupaten Barsel Bahruddin Minggu, 31 Juli 2022.

Dalam hal ini KPU Kabupaten Barsel sendiri selalu siap untuk memberikan pelayanan kepada parpol sehingga mereka nantinya bisa berhubungan dengan petugas yang ada di helpdesk sipol.

Dengan adanya helpdesk sipol ini, adalah untuk memberikan layanan konsultasi bagi parpol yang ada di Kabupaten Barsel misalnya mereka mengalami kesulitan mengakses data atau mengoperasionalkan sipol KPU.

“Andaikan dalam hal ini, kami tidak bisa memberikan layanan konsultasi bagi parpol misalkan adanya kendala teknis maka kami akan koordinasikan dengan pimpinan yang ada Provinsi maupun yang ada di tingkat pusat,” kata Bahruddin.

Menurutnya, layanan helpdesk sipol ini sudah ditetapkan melalui Keputusan KPU RI Nomor 195 Tahun 2022 selanjutnya aplikasi ini akan dipergunakan sejak masa pendaftaran, verifikasi hingga penetapan parpol yakni dimulai pada tanggal 1 hingga 14 Agustus 2022.

“Jadi masih ada waktu dua minggu, bagi seluruh parpol yang ada di Kabupaten Barsel untuk melakukan pendaftaran akan tetapi untuk pendaftaran tersebut dilaksanakan secara terpusat yakni di KPU RI,” jelas Bahruddin. (ded)