Persami Night Off Museum, Wabup: Ini Sarana untuk Kaum Muda Mencintai Seni dan Budaya Daerah

(ARLAN/BERITASAMPIT) : Wakil Bupati Irawati saat menghadiri pembukaan Night off Museum

SAMPIT – Wakil Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Irawati membuka kegiatan perkemahan Sabtu-Minggu (Persami) Night Off Museum, Sabtu 30 Juli 2022.

Hadir pada acara itu Ketua DPRD Kotim, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, peserta Persami Night Off Museum serta undangan lainnya.

Irawati mengatakan kegiatan kemah budaya ini merupakan salah satu strategi yang ditempuh dalam membentuk generasi muda lebih mengerti mencintai dan merasa memiliki aset-aset budaya yang dimiliki kabupaten Kotawaringin Timur.

Acara ini, lanjutnya, dapat menjadi sarana kaum muda untuk menyalurkan inovasi, dan rasa cinta terhadap budaya. Sebab potensi lokal yang dimiliki merupakan tanggung jawab bersama.

Ia mengapresiasi seni yang ditampilkan, baik seni tari juga seni musik karungut serta seni budaya lainnya untuk diperkenalkan kepada masyarakat umum, khususnya kaum muda.

“Saya disini berkumpulan anak-anak muda berbagai organisasi untuk memperkenalkan budaya kita agar nantinya tidak tergerus oleh zaman hingga akhirnya bisa punah, apalagi zaman sekarang,” kata Irawati.

Irawati juga mengingatkan tentang budaya gotong royong yang dimiliki masyarakat Kotim sejalan dengan motto daerah ini Habaring Hurung yang artinya gotong royong.

“Dahulu gotong royong yang dulu merupakan pola hidup. Namun pada saat ini cenderung berpola hidup individualistis. Hidup gotong royong tidak hanya diaplikasikan dalam pengembangan fisik semata. Semangat gotong-royong ini juga dapat diaplikasikan dalam kehidupan,” tutupnya.

(arlan)