Sakariyas Berkeinginan Katingan jadi Tuan Rumah MTQ Tingkat Provinsi

PENYERAHAN PIALA JUARA : KAWIT/BERITA SAMPIT - Bupati Katingan Sakariyas saat menyerahkan piala ke perwakilan juara I Seni Qosidah. Sabtu 30 Juli 2022, malam.

KASONGAN – Bupati Katingan Sakariyas berkeinginan Katingan bisa menjadi tuan rumah Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Provinsi pada tahun 2023 mendatang.

Keinginan ini kembali diungkapkan Sakariyas saat menutup acara seleksi peserta Seni Qosidah yang digelar Lasqi Katingan Sabtu, 30 Juli 2022 malam.

Dia bahkan meminta dalam waktu dekat ada pertemuan dengan para pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) membahas keseriusan Katingan menjadi tuan rumah kegiatan MTQ.

Menurut Sakariyas letak geografis Katingan yang berada di tengah-tengah Kabupaten yang lainnya bisa menjadi pilihan.

“Saya sering sampaikan dengan rekan-rekan Bupati yang lain, kalo Kasongan itu kan berada di tengah- tengah. Selain itu dengan menjadi tuan rumah akan meningkatkan perputaran ekonomi bagi masyarakat kita,” tuturnya.

Mantan Kepala Bank Kalteng Cabang Kasongan tersebut sempat bercerita mengenai Desa Tumbang Gaie Kecamatan Bukit Raya yang terletak dibagian Hulu Katingan menjadi tuan rumah Bulan Bakti Gotong Royong (BBGR).

BACA JUGA:   Pj Bupati Katingan dapat Respon Baik dari KLHK Usai Koordinasi Terkait Penggunaan Kawasan Hutan

“Ribuan masyarakat yang datang ke situ, semua camat dan kepala Desa juga datang. Bahkan waktu malam hari suasananya seperti di Kota, perputaran ekonomi masyarakat sangat terasa,” tambahnya.

Di tempat terpisah Anggota Dewan Endang Susilawatie mendukung dan mengapresiasi keinginan Bupati Sakariyas agar Katingan bisa menjadi tuan rumah MTQ tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) pada Tahun 2023 mendatang.

“Kita tentu saja sangat mendukung dan mengapresiasi keinginan Pak Bupati, agar Kabupaten Katingan menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan MTQ tingkat Provinsi Kalteng pada Tahun 2023,” tutur Endang Susilawatie, pada sejumlah wartawan baru-baru ini.

Menurut Politisi Partai Gerindra ini, keharmonisan dan toleransi umat beragama di Kabupaten Katingan sangat tinggi.

BACA JUGA:   Satpol PP Katingan Keluarkan Surat Edaran Terkait Penjualan Miras hingga Hiburan Malam Selama Ramadan

Hal ini pula, merupakan modal dalam rangka membangun Kabupaten Katingan lebih baik lagi ke depan.

“Terlebih lagi setiap event keagamaan Kabupaten Katingan selalu tampil sebagai juara, bahkan terkadang mewakili Provinsi Kalteng di tingkat Nasional,” ujarnya.

Pihaknya di lembaga legislatif, tutur Endang, juga sangat mengapresiasi dengan pembinaan keagamaan di Kabupaten Katingan.

“Kami juga bangga dengan pihak LPTQ Katingan yang telah mempersiapkan para kafilah untuk mengikuti event MTQ ke-XXX tingkat Provinsi Kalteng di Kota Palangka Raya,” imbuhnya.

Dia mengungkapkan, jika DPRD akan selalu mendukung dalam rangka pencapaian hasil maksimal pada berbagai kegiatan yang diikuti, baik tingkat provinsi maupun nasional.

“Terlebih lagi mengatasnamakan Kabupaten Katingan, karena akan mengharumkan nama daerah kita,” tutupnya.

(kawit)