Sempat meluap, Air Sungai di Katingan Mulai Surut

IST/BERITA SAMPIT - Kondisi air yang meluap tadi pagi dan sekarang sudah mengalami penurunan. Sabtu, 31 Juli 2022.

KASONGAN – Luapan air sungai di Kecamatan Katingan Tengah tepatnya disekitar Tumbang Samba sempat merendam sebagian rumah warga.

Bahkan sebagain akses publik seperti dermaga tempat penghubung fery penyebarangan antar warga sekitar harus terpaksa berhenti sementara akibat luapan air.

Dari informasi yang diterima dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan, kondisi air mulai surut sekitar 10 cm.

Dermaga Tumbang Samba yang terendam air sekira pukul 16.15 Wib tadi sore sudah normal kembali dan sekarang sudah kering.

Seperti diketahui luapan air di Desa Samba Bakumpai Kecamatan Katingan Tengah tadi siang cukup tinggi menggenangi dataran rendah bahkan luapan air sempat melintasi jalan poros Katingan dibeberapa titik, tetapi pada sore ini sudah mulai surut.

IST/BERIT SAMPIT – Dermaga Tumbang Samba yang terendam air luapan sungai Katingan mulai surut sekitar 10 cm dan sekarang sudah kering. sekira pukul 16.15 wib.

Kondisi ini untuk menjadi kewaspadaan masyarakat yang berada dibagian Hilir seperti Kecamatan Pulau Malan, Tewang Sangalang Garing, Katingan Hilir, Tasik Payawan dan juga Kamipang.

“Sebagai banjir kiriman karena dibagian hilir juga air permukaan sungai sudah tinggi dan disertai hujan-hujan pada beberapa daerah. Tetap Waspada,” imbau Kepala BPBD Katingan Roby. Minggu, 31 Juli 2022.

Dia berharap semoga saja kondisi air ini masih dalam batas wajar tak sampai menenggelamkan rumah masyarakat.

“Imbauan untuk masyarakat agar tetap waspada dan segera mengungsi jika air semakin tinggi agar tidak ada korban jiwa,” pungkasnya.

(kawit)