Perjudian dan Pencurian Meningkat, Kapolsek Parado: Kami Akan Tindak Tegas

Kapolsek Parado, Iptu Ilham Suwito, SH.,(ist/dok.pri)

BIMA – Maraknya aksi pencurian ternak dan keluhan warga terkait adanya kegiatan perjudian sabung ayam di wilayah Kecamatan Parado, Kabupaten Bima, Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB ) membuat Kapolsek Parado Iptu Ilham Suwito, angkat bicara.

Dikatakan, kewajiban polisi memberantas setiap tindakan yang melawan hukum, seperti perjudian. Akan tetapi, semuanya akan sia-sia tanpa adanya kesadaran dan pemahaman masyarakat sendiri.

“Bersama tokoh masyarakat dan tokoh agama setiap hari kami memberikan bimbingan, serta memberikan imbauan kepada masyarakat, sebagai upaya agar Parado bersih dari praktik perjudian,” ungkapnya saat dikonfirmasi melalui telepon seluler, Senin 1 Agustus 2022.

“Beberapa waktu lalu kita membubarkan sabung ayamnya, kita menemukan gelanggangnya dan kita bakar itu, tapi saya harapkan kepada masyarakat untuk mendukung pihak kepolisian dalam memberantas perjudian dan pencurian di wilayah Parado ini,” imbuhnya

Menurutnya, tanpa adanya kesadaran masyarakat, polisi pun tidak akan berhasil menjalankan tugas dalam menjaga kantibmas diwilayah Parado.

“Setidaknya menjadikan dirinya sendiri adalah polisi, dalam artian polisi bagi dirinya sendirilah. Selaku Kapolsek, saya akan menindak tegas apabila ada anggota saya sendiri maupun anggota yang datang dari luar, yang melanggar hukum. Saya berharap agar masyarakat Parado bisa kerjasama dan mengiformasikan apabila melihat kegiatan yang melanggar hukum,” tegasnya.

Sedangkan berkenaan dengan maraknya keluhan masyarakat terkait pencurian ternak, ia berharap, agar masyarakat harus disiplin, harus punya kandang agar ternak miliknya tidak berkeliaran ditempat umum.

“Memang polisi sebagai penegak hukum, tapi setidaknya masyarakat juga mempunyai kesadaran untuk tidak membiarkan ternaknya berkeliaran. Kami aparat penegak hukum tetap menjalankan tugas kami dalam menjaga kantibmas,” tutupnya. (nain)