Jamaah Haji Kloter Terakhir Embarkasi Banjarmasin Tiba di Tanah Air

Jamaah haji Kloter 7 Embarkasi Banjarmasin, Kalsel sudah tiba di Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin, Selasa. (2/8/2022). Antara/Kemenag Kalsel

BANJARMASIN – Jamaah haji kloter terakhir atau kloter 7 Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan tiba di Tanah Air melalui Bandara Internasional Syamsuddin Banjarmasin, Selasa pukul 11.23 WITA.

Jamaah haji kloter 7 Embarkasi Banjarmasin sebanyak 358 orang dengan rincian dari Kota Banjarmasin sebanyak 168 orang, Kabupaten Banjar 148 orang, Kabupaten Tanah Bumbu dua orang, dan Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah sebanyak 34 orang.

“Selain itu, ada empat petugas kloter dan dua petugas haji daerah,” ujar Kepala Kantor Wilayah Kemenag Kalimantan Selatan Muhammad Tambrin di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Selasa 2 Agustus 2022.

Dengan datangnya kloter 7 ini, katanya, proses pemulangan haji untuk Embarkasi Banjarmasin sudah selesai.

Menurut dia, jumlah jamaah haji Embarkasi Banjarmasin yang sudah tiba di Tanah Air atau pulang ke kampung halaman sebanyak 2.506 orang dari yang diberangkatkan sebanyak 2.510 orang.

Sebab, kata Tambrin, selama proses ibadah haji tahun 2022 Masehi/1443 Hijria, tiga orang jamaah haji Embarkasi Banjarmasin meninggal dunia., sedangkan satu orang lagi atas nama Apani Kasim Rasidi belum bisa dipulangkan, karana masih dirawat di RS King Abdul Aziz, Arab Saudi.

Tiga jamaah haji yang wafat adalah Samsinah binti Usman Hasbulah usia 50 tahun dari kloter 1 asal Balangan saat dalam penerbangan ke Madinah, Sugiansyah Basuki M Yamin berusia 50 tahun dari Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) dari kloter 3 Embarkasi Banjarmasin wafat di Madinah danĀ  Mislina Muhammad Saberani pada usia 44 tahun asal Kabupaten Tapin dari kloter 3 di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekah saat fase Armuzna.

Menurut dia, secara keseluruhan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2022 berjalan lancar hingga kepulangan. “Semoga semua menjadi haji yang mabrur, selalu sehat. Bagi jamaah haji kita yang masih dirawat di Arab Saudi semoga secepatnya sembuh dan kembali berkumpul dengan keluarga di Tanah Air,” ucapnya.

ANTARA