Paskibra Palangka Raya Mulai Latihan Terpusat

Pembukaan pendidikan dan pelatihan Pasukan Pengibaran Bendera HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di tingkat Kota Palangka Raya tahun 2022, Selasa (2/8/2022). ANTARA/Ho-Prokom Palangka Raya

PALANGKA RAYA – Sebanyak 72 anggota Pasukan Pengibaran Bendera (Paskibra) di Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah mulai mengikuti pelatihan terpusat untuk persiapan upacara perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2022.

“Ke-72 anggota Paskibra ini terdiri dari pelajar SMA, MA, SMK negeri dan swasta di Kota Palangka Raya. Pelatihan terpusat digelar sampai dengan 16 Agustus 2022,” kata Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin di Palangka Raya, Selasa 2 Agustus 2022.

Dia menerangkan, para anggota Paskibra itu sebelumnya telah terjaring melalui seleksi tingkat kota. Nantinya mereka akan bertugas mengibarkan dan menurunkan Bendera Merah Putih di Halaman Kantor Wali Kota Palangka Raya pada tanggal 17 Agustus 2022.

Fairid menerangkan, pemusatan latihan Paskibra tersebut tak hanya pada proses pengibaran dan penurunan bendera tetapi juga meliputi sejumlah aspek lain pada diri masing-masing anggota.

“Tujuan utamanya untuk meningkatkan pembentukan karakter, kepribadian, jiwa nasionalisme dan rasa percaya diri yang mana hal tersebut semakin dikuatkan pada pemusatan latihan ini. Fisik dan mental peserta ditempa di pemusatan latihan ini,” katanya.

Fairid mengatakan menjadi anggota Paskibra merupakan kebanggaan bagi setiap siswa karena tidak semua bisa berpartisipasi langsung dalam pengibaran dan penurunan bendera pada peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Selain itu juga juga menjadi bagian dari peran generasi muda dalam meneruskan perjuangan para pahlawan dengan mengisi kemerdekaan.

“Sehingga, semakin tumbuh jiwa nasionalisme di kalangan generasi muda yang muaranya mampu menghindarkan dari ancaman perpecahan. Generasi muda penerus bangsa juga semakin produktif sebagai aset pembangunan di Kota Palangka Raya khususnya,” kata Fairid.

Pernyataan itu diungkapkan kepala daerah termuda di Provinsi Kalteng itu terkait pembukaan pendidikan dan pelatihan Paskibra tingkat Kota Palangka Raya tahun 2022.

Fairid menerangkan, di bawah pembinaan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan Dan Olahraga Kota Palangka Raya, seleksi dan pelatihan Paskibra ini dilaksanakan secara ketat dan terukur.

ANTARA