Pemkab Barito Timur Siapkan Lahan untuk Pembangunan Rumah Sakit dan Universitas

Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas memotong nasi tumpeng saat syukuran Hari Jadi Kabupaten Barito Timur ke-20 tahun, di Tamiang Layang, Rabu (3/8/2022). ANTARA/Habibullah

TAMIANG LAYANG – Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas menyatakan pihaknya mendukung rencana Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, untuk membangun Rumah Sakit Pratama dan Universitas Barito Raya di daerah setempat dengan menyiapkan lahan seluas lima hektare.

“Tahun ini kami sudah menyiapkan lahan seluas lima hektare yang bisa digunakan untuk pembangunan Universitas Barito Raya dan RS Pratama,” kata Ampera usai peringatan Hari Jadi Kabupaten Barito Timur ke-20 di Tamiang Layang, Rabu 3 Agustus 2022.

Adapun lahan yang disiapkan tersebut berada di wilayah Kecamatan Dusun Tengah, untuk memudahkan masyarakat di wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito karena jarak tempuh yang dekat.

BACA JUGA:   Penjabat Bupati Bartim Harap Ketua KONI Terpilih Mampu Memberikan Dampak Baik Bagi Olahraga

Lokasi lahan yang disediakan itu juga bisa ditempuh sekitar 60 menit dari Buntok, Kabupaten Barito Selatan dan sekitar dua jam setengah melalui jalur darat dari Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara dan sekitar empat hingga lima jam dari Puruk Cahu, Kabupaten Murung Raya.

Bupati dua periode itu mengatakan, dari Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara, Tanjung Kabupaten Tabalong dan Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan menuju lokasi di Ampah Kecamatan Dusun Tengah memerlukan waktu kurang lebih dua jam.

“Upaya yang dilakukan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran yakni untuk meningkatkan SDM masyarakat Kalteng, khususnya di wilayah DAS Barito. Kita berharap dibangun di wilayah Dusun Tengah,” kata Ampera.

BACA JUGA:   Petahana Banyak yang Tumbang, Berikut Nama-nama Caleg yang Berhasil Dapatkan Kursi DPRD Kalteng

Dirinya juga menjelaskan, upaya pembangunan Universitas Barito Raya itu merupakan salah satu upaya percepatan pembangunan Provinsi Kalteng di wilayah DAS Barito untuk mendukung Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

Dalam penguatan Kabupaten Barito Timur yang berbatasan langsung dengan Kalsel dan menjadi pintu gerbang IKN di Kalteng, juga ikut menyiapkan pembangunan strategis seperti rumah sakit pratama.

“Tahun depan mulai dibangun dan sumber dananya dari APBN,” demikian Ampera.

(ANTARA)