Temuan DPRD, SDN 1 Riam Memprihatinkan Siap Ditindak Lanjuti Dinas Dikbud Kobar

Tampak kondisi bangunan SDN1 Riam Kecamatan Aruta, harus segera mendapat perhatian.

PANGKALAN BUN – Bangunan SDN 1 Riam Kecamatan Arut Utara Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) yang memprihatinkan diharapkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Kobar untuk segera turun mengecek langsung ke lapangan agar peningkatan sarana dan prasarana pendidikan SDN 1 Riam mendapat perhatian.

Hal tersebut disampaikan Alman Riansyah Anggota DPRD Fraksi PDI Perjuangan, Rabu 3 Agustus 2022. Untuk selanjutnya pengecekan langsung dari Dinas Dikbud harus merata ke setiap pelosok desa.

“Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kobar jangan hanya memfokuskan pembangunan sarana dan prasarana pendidikan di dalam kota saja, atau desa terdekat ke Pangkalan Bun, tapi harus merata, maka diperlukan juga pemetaan lokasi sebab selama ini yang terjadi, pembangunan sarana dan prasarana pendidikan terpusat di dalam Kota, begitu juga dengan penugasan tenaga pendidiknya,” kata Alman.

Dijelaskannya, hal tersebut jangan sampai terjadi ketimpangan. “Terus terang, saya sangat prihatin melihat kondisi SDN 1 Riam, ini harus jadi perhatian kita bersama, pilu hati saya melihat anak anak belajar dengan kondisi sekolah dan sarana prasarananya yang jauh dari kata layak itu,” ujar Alman Riansyah yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi B DPRD Kobar.

BACA JUGA:   Anggota DPRD Sri Lestari: Naiknya Harga BBM Kurang Tepat saat Daya Beli Masyarakat Turun Pasca Pandemi Covid-19

Disetiap Kecamatan juga ada Dinas Cabang Pendidikan, tugasnya ini melaporkan ke kabupaten apa saja yang dibutuhkan sekolah yang ada di desa, atau bisa juga disampaikan pada saat kegiatan Musrenbang baik tingkat Desa dan Kecamatan, yang kemudian jadi bahan usulan ke kabupaten.

“Jika pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kobar mengeluhkan keterbatasan anggaran, masih dicarikan solusinya yakni melalui CSR perusahaan, di Kecamatan Arut Utara itu ada beberapa perusahaan besar, seperti PT Korintiga Hutani, PT Astra dan PT BJAP, masa mereka tutup mata dengan kondisi sekolah yang sudah hancur begitu,” Imbuh Alman Riansyah.

Lanjut Alman, masalah pendidikan ini bukan saja tanggung jawab saja, melainkan ada keterlibatan pihak ketiga, di Kecamatan Arut Utara banyak berdiri perusahaan besar, tentunya mereka sebelum masuk ke Arut Utara untuk membuka usaha, pasti ada perjanjian dengan pihak desa ataupun Kecamatan, yang salah satunya mengenai peningkatan infrastruktur dan peningkatan sarana dan prasarana pendidikan,” imbuhnya.

BACA JUGA:   Momen HUT ke-77 RI, Ketua DPRD Kobar Ajak Masyarakat Harus Lebih Semangat 

Kepala Dinas Dikbud Kabupaten Kobar, Rustam Effendi melalui Sekretaris Dikbud Ibramsyah, saat dikonfirmasi Rabu, 3 Agustus 2022 mengatakan, pihaknya akan menindak lanjuti temuan DPRD, untuk segera menugaskan bidang teknis Pembangunan SD Dinas Dikbud dengan yang terkait Korwilker Satdik Kecamatan Arut Utara untuk melakukan pemetaan sarpras SDN 1 Riam sebagai bahan perencanaan dan pembahasan selanjutnya.

“Atas nama Dinas Dikbud Kabupaten Kobar kami menyampaikan ucapan terimakasih atas perhatian dan bantuan Bapak Alman Riansyah, Anggota Dewan yang terhormat, semoga dari hasil kunjungan dan evaluasi khususnya pada sarpras di lingkungan pendidikan terutama di SDN 1 Riam Kecamatan Arut utara dan umumnya sarpras pendidikan semau jenjang kewenangan daerah yang selalu menjadi perhatian Bapak dan Ibu Anggota Dewan yang terhormat,” kata Ibramsyah. (Man).

(Visited 8 times, 1 visits today)