Tumbuhkan Rasa Nasionalisme, FPK Kobar Pasang 300 Bendera Merah Putih

Anggota Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Kobar, tampak sedang memasang Bendera Merah Putih di salah satu Jalan Protokol di Kota Pangkalan Bun.

PANGKALAN BUN – “Bendera merah putih, Bendera tanah airku, Gagah dan jernih tampak warnamu, Berkibarlah di langit yang biru…..”. Itulah bait pertama lirik Lagu Bendera Merah Putih Ciptaan Ibu Sud. Yang sering dikumandangkan saat jelang Peringatan Hari Proklamsi Kemerdekaan RI 8 Agustus 1945.

Lagu Bendera Merah Putih ciptaan Ibu Sud tersebut, rupanya juga telah menginspirasi memberikan semangat bagi Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Kobar, dengan serentak melakukan gerakan aksi memasang 300 helai Bendera Merah Putih dibeberapa lokasi jalan protokol Kota Pangkalan Bun.

“Gerakan aksi pemasangan bendera merah putih dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 yang jatuh pada tanggal 17 Agustus, dan kegiatan tersebut telah mendapatkan ijin dari Dinas Kesbangpol Kobar,” kata Ratna Malasari Ketua FPK Kabupaten Kobar Rabu, 3 Agustus 2022.

BACA JUGA:   Penjabat Bupati Kobar Silaturahmi Dengan Profesor Birute di Kediamannya Desa Pasir Panjang

Menurut Ratna, sebelum memulai pemasangan bendera merah putih ini, kami melaporkan ke Dinas Kesbangpol dan mendapatkan respon yang baik, dimana pada kegiatan pemasangan bendera merah putih ini turut hadir Kepala Dinas Kesbangpol Bapak Edy Faganti.

“Dan di hari pertama ini Rabu kami memulai pemasangan bendera merah putih sebanyak 50 di tiang yang telah terpasang di atas plangson, jadi kami tinggal melakukan pemasangannya saja,” kata Ratna Malasari, penuh semangat.

BACA JUGA:   Menjelang Lonjakan Mudik Lebaran 2024, PT. Dharma Lautan Utama Kumai Siapkan 4 Armada Kapal

Lanjut Ratna, FPK Kobar akan memasang sebanyak 300 lembar Bendera Merah Putih, sehingga sepanjang jalan poros utama kota Manis Pangkalan Bun akan lebih indah dengan terpasangnya bendera merah putih.

“Tentunya kita sebagai bangsa yang besar, kita jangan pernah melupakan atas perjuangan para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raganya demi kemerdekaan bangsa Indonesia dari para penjajah, saat ini kami sebagai generasi penerus bangsa, berkewajiban untuk meneruskan perjuangannya menjaga persatuan dan kesatuan demi utuhnya NKRI,” pungkas Ratna Malasari. (Man).