Andre Dovizioso Memutuskan Pensiun dari MotoGP di Misano Bulan Depan

Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team Andrea Dovizioso (kiri) dan pembalap Gresini Racing MotoGP Enea Bastianini (kanan) memacu kecepatan sepeda motornya pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022). ANTARA FOTO/Andika Wahyu/YU (ANTARA/ANDIKA WAHYU)

JAKARTA – Andrea Dovizioso memutuskan akan pensiun lebih awal dari MotoGP di Misano bulan depan, sedangkan Cal Crutchlow akan meneruskan tugas sang pebalap Italia di Yamaha hingga akhir musim, demikian Yamaha pada Kamis 4 Agustus 2022.

Dovizioso (36) pada bulan lalu telah mengumkan rencananya berhenti dari MotoGP pada akhir tahun tapi memutuskan setelah jeda musim panas untuk gantung helm lebih awal di kampung halamannya.

Dovizioso tiga kali menjadi runner-up MotoGP bersama Ducati tapi musim ini mencetak hanya 10 poin dan belum pernah finis sepuluh besar. Ia berada di peringkat 22 klasemen.

“Petualangan saya akan berakhir di Misano, tapi hubungan dengan semua orang yang terlibat dalam tantangan ini akan tetap utuh selamanya,” kata Dovi dalam keterangan resmi seperti dikutip Reuters.

Sementara itu, Crutchlow telah pensiun pada akhir musim 2020 tapi mengemban tugas sebagai pebalap uji Yamaha. Ia pernah diturunkan untuk membalap tahun lalu menggantikan Franco Morbidelli yang cedera dan Maverick Vinales, yang hengkang lebih awal dari tim pabrikan Yamaha.

Setelah jeda musim panas, MotoGP kembali bergulir akhir pekan ini diawali dengan Grand Prix Inggris di Silverstone ini, diikuti Austria dan San Marino dan di Misano pada 4 September nanti.

(ANTARA)