BUMDesa Asirado Gelar Rapat Koordinasi Genjot Pendapatan Asli Desa

(NAIN/BERITA SAMPIT) - Direktur Badan Usaha Milik Desa ASIRADO, Desa Parado Rato A.M.KADAFI, saat  Memaparkan Program BUMDesa.

BIMA – Dalam mendukung kemandirian ekonomi Desa, Badan Usaha Milik Desa ( BUMdes ) Asirado, Desa Parado Rato Kecamatan Parado Kabupaten Bima Propinsi NTB gelar rapat koordinasi dan evaluasi terkait perkembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dengan Pemerintah Desa Parado Rato.

Rapat evaluasi tentang perkembangan BUMDesa yang difasilitasi SurfAid tersebut di laksanakan di aula Badan Perwakilan Desa (BPD) Desa Parado Rato, Kamis 04 Agustus 2022.

Direktur BUMDesa Asirado A.M. Kadafi, mengungkapkan, dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dibidang perekonomian termasuk dalam mendukung pelaksanaan pembangunan desa, diperlukan adanya dukungan dari pemerintah Desa maupun Kecamatan agar terus melakukan bimbingan dan arahan yang secara berkelanjutan sehingga kebaradaan BUMDesa Asirado tersebut dapat mewujudkan Desa Parado Rato yang Mandiri

“Kami berharap agar keberadaan BUMDesa ini terus didukung dan dibina secara terus menerus sehingga pertumbuhan ekonomi masyarakat maupun PAD desa bisa meningkat ” Harapnya

Lanjutnya, ada beberapa program BUMDesa Asirado dalam mendukung kemandirian ekonomi desa, diantaranya, peran BUMDes terkait aspek pelayanan yang berimplikasi terhadap kemandirian ekonomi desa, peran BUMDes terkait aspek akuntabilitas yang berimplikasi terhadap meningkatnya Pendapatan Asli Desa, peran BUMDesa terkait aspek peningkatan taraf hidup yang berimplikasi terhadap pertumbuhan dan pemerataan ekonomi pedesaan serta peran BUMDesa dalam kemampuan pengelolaan potensi desa

BACA JUGA:   Pemkab Bima Targetkan Pendapatan Daerah 2023 Rp1,84 Triliun

“Kerja sama pemerintah desa yang intens terhadap keberadaan BUMdesa Airado Parado Rato merupakan langkah maju untuk meningkatkan pendapatan asli desa, karena BUMDesa ingin benar fokus untuk peningkatan Pendapatan dan kemajuan terhadap desa. Bukan saja smart voice akan tetapi langkah BUMDesa itu terarah dalam hal meningkatkan pendapatan,” tegasnya

Dijelaskannya, adapun beberapa program unggulan yang sedang di siapakan BUMDesa ini diantaranya, perdagangan eceran LPG, perdagangan eceran pupuk hingga penjualan hasil pertanian lokal Desa.

“Oleh karna itu, untuk tahap pertama dalam menggenjot Pendapatan Asli Desa (PADes), kita telah membuat Nomor Izin Berusaha (NIB) dengan jenis usaha yang salah satunya perdangan eceran bahan bakar LPG, serta perdagangan hasil pertanian lokal desa sehingga kedepannya kehadiran BUMDesa ini bisa meningkatkan pendapatan desa yang telah tertuang dalam visi misi BUMDesa itu sendiri,” ucapnya.

Sementara itu, anggota BUMDesa Bidang lapangan Muhammad mengatakan, mengacu pada peraturan Pemerintah (PP) No. 72 tahun 2005 pasal 78 yang menyatakan bahwa Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) merupakan badan usaha yang dibentuk dalam rangka meningkatkan pendapatan asli desa.

“Salah satu langkah dalam mensukseskan pembangunan di desa adalah dengan meningkatkan pendapatan desa. Besar kecilnya pendapatan desa dipengaruhi oleh strategi yang dilakukan oleh BUMDes dan dukungan dari Pemerintah Desa maupun Kecamatan dalam mengelola dan memaksimalkan aset-aset yang ada di desa,” katanya.

BACA JUGA:   Pengecer Pupuk Subsidi di Kecamatan Parado Tolak Jual sesuai HET

Menanggapi hal tersebut, Kepala Desa Parado Rato, M.Saleh, mengatakan, melalui pertemuan koordinasi BUMDesa tingkat Desa Parado Rato ini bukan sekedar pertemuan , kegiatan tersebut merupakan petunjuk dalam menjalankan roda BUMDesa kedepan

” karena sesungguhnya BUMDesa ini merupakan garda terdepan dalam rangka membangun desa yang berkemajuan dan membawa kesejahteraan bagi masyarakat Desa Parado Rato kedepan. Oleh karna itu, sebagai Pemerintah Desa Parado Rato bertanggung jawab penuh terkait maju dan mundurnya BUMDesa ini ” ucapnya saat memberikan sambutan.

Ditempat yang sama, Sekretaris Desa Parado Rato, Fry Hari Fathurrahman ZR., mengatakan, dalam rangka memberdayakan Badan Usaha Milik Desa, Pemerintah Desa Parado Rato akan mendukung penuh apa yang menjadi usulan BUMDesa Asirado, sehingga nantinya BUMDesa bisa menjadi kuat dan maju, baik dalam hal pengelolaan administrasi maupun pengelolaan keuangan guna mempercepat proses kemandiriannya

“Mengingat keberadaan BUMDesa ini merupakan tulang punggung untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa, jadi kedepannya, keberadaan gedung paranaka nanti akan dikelolah oleh BUMDesa itu sendiri,” tutupnya (nain)

(Visited 23 times, 1 visits today)