Jalan Tjilik Riwut Km 30 Hampalit Perlu Perbaikan

DISKUSI : IST/BERITA SAMPIT - Satuan Lalu Lintas Polres Katingan saat menggelar FGD dengan SOPD terkait dan perwakilan perusahaan terkait jalan rusak.

KASONGAN – Kondisi jalan menuju Tumbang Samba mengalami kerusakan akibat tingginya mobilitas kendaraan angkutan berat. Terutama yakni di Jalan Tjilik Riwut Km 30 Hampalit, Jalan Negara Km 3 dan Km 5 arah Tumbang Samba.

Menyikapi hal itu Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Katingan menggelar Focus Group Discussion (FGD) membahas kelancaran akses lalu-lintas arah ke Kecamatan Katingan Tengah hingga Sanaman Mantikei, bertempat di aula Satlantas, Rabu (3/8/2022) sekira pukul 09.00 WIB.

FGD ini dihadiri perwakilan dari Bina Marga Prov. Kalteng, Bina Marga Katingan, Kabid Perhubungan LLAJ Katingan, humas perusahaan PT Bisma Dharma Kencana, PT. Panca Mitra Katingan, PT. KDP dan personel Satlantas Polres Katingan.

FGD ini dipimpin Kapolres Katingan AKBP P. Sonny Bhakti W melalui Kasatlantas Polres Katingan Iptu Lenina Olin, didampingi KBO Satlantas Iptu Bonar.

“Focus Group Discussion (FGD) yang bertujuan untuk menciptakan Kamseltibcar Lantas mulai dari Jalan Tjilik Riwut Km 30 sampai jalur menuju Kecamatan Katingan Tengah dan Sanaman Mantikei,” terang Iptu Olin.

BACA JUGA:   Anggota DPR RI Mukhtarudin Bantu PJU-TS di Katingan

Menurut Kasatlantas, FGD itu dilaksanakan sebagai tindak lanjut kerusakan jalan. Sebelumnya ada pemberitaan yang memperlihatkan kondisi jalan menuju Tumbang Samba.

“Jangan sampai viral dulu baru kita melangkah. Intinya kita sudah bertindak saat orang masih berpikir,” tegasnya.

Pemberitaan itu disampaikan saat FGD berlangsung, untuk dicarikan solusi secara bersama-sama, baik dari pemerintah maupun perusahaan. Hal ini merupakan bentuk pencegahan sebelum terjadinya gangguan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar Lantas).

“Memelihara Kamseltibcar Lantas bukan hanya dengan menekan anggka kecelakaan, tetapi juga menyelesaikan penyebab timbulnya kecelakaan, dan itu bukan tanggung jawab Polri semata,” imbuh Kasatlantas.

Diketahui dari hasil FGD ini, pihak PUPR Provinsi Kalteng siap untuk secepatnya melaksanakan perbaikan, serta adanya kerjasama antara Pemerintah dengan perusahaan serta instansi terkait melakukan reaksi cepat menanggapi laporan jalan rusak, baik dari segi perbaikan, survei dan pemeliharaan rutin pada jalan.

BACA JUGA:   Ketua DPRD: Pertandingan Sepak Bola Jadi Ajang Silahturahmi dan Sportivitas

Ditempat terpisah Anggota DPRD Katingan Budy Hermanto ketika diminta tanggapanya terkait FGD yang digelar Satlantas Polres Katingan mengapreasi kepedulian Polres Katingan yang ikut memikirkan pembangunan daerah. Ia berharap jalan yang menjadi tanggungjawab pemerintah Provinsi tersebut bisa segera diperbaiki.

“Saya mendorong SOPD terkait bisa berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi terkait jalan yang rusak itu, harus kita akui komunikasi dan koordinasi ini penting dalam menselarkan pembangunan. Saya juga apresiasi FGD yang digelar Satlantas Polres Katingan ini bukti kita sama-sama ingin Katingan lebih maju lagi,” pungkasnya.

(kawit)

(Visited 4 times, 1 visits today)