Lumban Gaol: Perlu Dibangun Sekolah Baru di Kotim

NARDI/BERITA SAMPIT - Anggota DPRD Kotim SP Lumban Gaol.

SAMPIT – Permasalahan dalam bidang pendidikan belum terselesaikan dengan baik. Masih banyaknya orang tua kesulitan mendaftarkan anaknya ke sekolah.

Hal ini disampaikan Anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), SP Lumban Gaol. “Beberapa sekolah di Kotim sudah over kapasitas dan perlu dibangun sekolah-sekolah baru,” kata Gaol, Kamis 4 Agustus 2022.

Gaol menambahkan, anak-anak tidak diterima di sekolah zonasinya karena daya tampung yang terbatas. Kalaupun diterima maka akan melebihi kapasitas. Sehingga, perlu dikaji kembali regulasi mengenai sistem zonasi.

BACA JUGA:   Masyarakat di Dapil II Usulkan Pembangunan RDG

Jarak tempuh sekolah dasar yang jauh dari tempat tinggal juga membuat orang tua enggan memasukan anaknya ke sekolah yang masih memiliki daya tampung yang cukup. Karena jarak yang jauh mengeluarkan biaya lebih besar dalam transportasi.

“Seperti SD dekat perumahan sawit raya dan SD Bina Karya di Jalan Jendral Sudirman. SD tersebut sudah over kapasitas, sehingga mereka memberlakukan masuk sekolah pagi dan siang, orang tua kesulitan untuk menyekolahkan anaknya ke sekolah lain karena lokasinya cukup jauh, yang akhirnya dipaksakan untuk menampung melebihi kapasitasnya,” pungkasnya. (Nardi).

(Visited 8 times, 1 visits today)