Anggota DPRD Mina Irawati: Kasih Sayang Orang Tua Hindarkan Anak Dari Kekerasan Seksual

Ilustrasi, Mina Irawati (insert)

PANGKALAN BUN – Keluarga yang bahagia tentunya suami dan istrinya telah komitmen dengan penuh kasih sayang masing-masing menjaga harga dirinya, menjunjung tinggi kehormatannya, dan melindungi anak-anak dari segala sesuatu yang dapat menodai kehormatannya.

“Maka dengan penuh kasih sayang dari kedua orang tuanya Insya Allah anak kita akan terhindar dari ancaman kekerasa seksual dibawah umur,“ kata Anggota DPRD Kobar Mina Irawati, Jumat 5 Agustus 2022.

Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kobar ini menuturkan, apabila orangtua ada kekesalan kepada anak kalau bisa janganlah sekali-kali membentak apalagi dengan gertakan kata-kata yang tidak pantas untuk dilantarkan kepada anak.

“Memang sih masih ada yang bependapat, kalau membentak anak apalagi anak dibawah umur, kemudian akan patuh kepada orangtua. Bagi saya pendapat tersebut tidak benar, justru salah satu akibat yang mungkin bisa terjadi saat anak sering dibentak adalah anak jadi tidak mau menuruti nasihat orangtua,“ ujar Mina Irawari.

BACA JUGA:   Warga Desa Terdampak Banjir, Begini Aksi Sri Lestari

Dijelaskannya, kalau anak salah sedikit janganlah langsung dibentak, sebab kalau dibentak cenderung otak anak yang memiliki fungsi pertahanan yang masih rendah, dengan cepat bisa terganggu.

“Karena saat dibentak anak itu akan langsung takut untuk melawan orangtuanya, akhirnya terkadang anak langsung kabur. Jadi intinya kalau anak ada salah sedikit lebih baik kesalahannya oleh kita diskusikan dengan anak, dan ingat kalau orang tua sering membentak anak kemudian berhenti kerana kita telah memberikan kasih sayang, maka anak kita akan jadi penurut,“ imbuh mantan Ketua TP PKK Kabupaten Kobar.

BACA JUGA:   Hati-hati Aksi Penipuan, Nama dan Foto Anggota DPRD Kobar Mina Irawati Dicatut

Kembali kepada masalah kasus pelecahan anak dibawah umur di Kabupaten Kobar bulan Juli 2022 meningkat, lanjut Mina, Pemerintah Daerah melalui Dinas terkait harus cepat mengambil tindakan nyata.

“Jangan sampai setelah terjadi kekerasan seksual kepada anak dibawah umur, dinas terkait sibuk. Dari sekaranglah diprogramkan, misal mengudang seluruh RT se Kabupaten Kobar, untuk bersama-sama memerangi ancaman kekerasan seksual anak dibawah umur. Memang ada papan himbauan dilingkunga RT, tapi papan tersebut jangan sampai hanya jadi pajangan,“ ungkap Mina Irawati. (man)

(Visited 14 times, 1 visits today)