Quartararo Tercepat pada Hari Pertama Latihan Bebas GP Inggris

Pembalap Monster Energy Yamaha MotoGP Fabio Quartararo melaju paling depan saat balapan MotoGP German Grand Prix di Sachsenring, Hohenstein-Ernstthal, Jerman, (19/6/2022). Fabio Quartararo tampil dominan dan berhasil menjadi juara pertama diikuti pembalap Pramac Ducati Johann Zarco dan pembalap Ducati Lenovo Jack Miller. ANTAR FOTO/REUTERS/Lisi Niesner/aww.

JAKARTA – Pebalap Yamaha Fabio Quartararo mencatatkan waktu tercepat pada hari pertama sesi latihan bebas Grand Prix Inggris setelah mencetak 1:58,946 di FP2, Jumat 5 Agustus 2022, ketika MotoGP kembali bergulir setelah jeda musim panas.

Sang pemuncak klasemen sementara mengalahkan juara dunia 2020 Joan Mir dari tim Suzuki dengan margin 0,154 detik, di saat Maverick Vinales membawa Aprilia ke tiga besar di Sirkuit Silverstone hari itu, demikian catatan MotoGP.

“Lima pekan (jeda) cukup lama tapi saya senang bisa kembali,” kata Quartararo sebelum latihan.

Pebalap yang merasakan manisnya podium teratas di Silverstone tahun lalu itu akan berupaya mendapatkan posisi start terdepan karena ia bakal menjalani balapan dengan penalti long lap, yang merupakan hukuman dari steward menyusul insiden yang melibatkan Espargaro di balapan seri ke-11 di Assen, Belanda.

Di sesi latihan pagi, dua Ducati menguasai slot teratas, yaitu Johann Zarco dan Francesco Bagnaia.

Akan tetapi sang pebalap Italia terlempar dari peringkat sepuluh besar catatan gabungan kedua sesi latihan dan bakal berjuang di FP3 demi tempat langsung ke Q2.

Seluruh pebalap, kecuali Raul Fernandez (KTM Tech3), mampu memperbaiki catatan waktu mereka di sesi latihan kedua.

Zarco menghuni P4 diikuti Aleix Espargaro di motor Aprilia kedua.

Miguel Oliveira dibekali knalpot yang diperpanjang oleh KTM dan mampu membawa sang pebalap Portugal finis P6 dengan jarak 0,217 detik dari pemuncak sesi.

Alex Rins (Suzuki) terpaut 0,3 detik di P7, sedangkan Enea Bastianini (Gresini) dan Jack Miller (Ducati Lenovo), yang terjatuh di Tikungan 7 saat FP2, melengkapi sepuluh besar dengan Marco Bezzecchi (VR46).

Sepuluh besar catatan kombinasi setelah FP2:

1. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP™) – 1:58,946
2. Joan Mir (Team Suzuki Ecstar) + 0,154
3. Maverick Viñales (Aprilia Racing) + 0,177
4. Johann Zarco (Prima Pramac Racing) + 0,188
5. Aleix Espargaro (Aprilia Racing) + 0,207
6. Miguel Oliveira (Red Bull KTM Factory Racing) + 0,217
7. Alex Rins (Team Suzuki Ecstar) + 0,300
8. Enea Bastianini (Gresini Racing MotoGP™) + 0,412
9. Jack Miller (Ducati Lenovo Team) + 0,418
10. Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing Team) + 0,439

(ANTARA)