Demang Pangkut Sarwin Gelar Upacara Adat “ANGKAT SAUDARA” Kepada Agus Wantara CDO PT. SINP-PBNA

Acara suap nasi, juga wajib diikuti Agus Wantara saat diangkat sumpah pada upacara adat "Angkat Saudara".

Laporan : Maman Wiharja (Wartawan beritasampit.co.id)

Upacara Adat “Angkat Saudara” Suku Dayak Pangkut Kecamatan Arut Utara (Aruta) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) merupakan salah satu dari sekian banyak jenis Upacara Adat khas Kalimantan Tengah.

Adalah Demang Pangkut Sarwin, salah seorang tokoh Suku Dayak yang menetap di Kelurahan Pangkut Kecamatan Aruta, pada Jumat, 5 Agustus 2022 malam di rumah kediamannya menggelar upacara adat “Angkat Saudara” kepada Agus Wantara CDO (Community Development Officer) PT. SINP-PBNA (Astra Group).

Upacara adat “Angkat Saudara” yang penuh dengan kekeluargaan tersebut juga dihadiri Darsani tokoh masyarakat Pangkut dan kerabat serta keluarga Agus Wantara juga dihadiri para pemuka masyarakat lainnya.

“Maksud dan tujuan kami menggelar upacara adat ‘Angkat Saudara’ tiada lain pada intinya untuk meningkatkan persaudaraan,” kata Demang Sarwin saat diwawancarai beritasampit.co.id.

Agus Wantara didamping Demang Adat, tampak saat mengikuti Upacara Adat “Angkat Saudara”

Menurut Demang Sarwin, arti dan maksud dari persaudaraan itu kalau dijabarkan sangat panjang, yang tentunya bermuara kepada kebersamaan. Dimana kita sedang susah harus saling tolong-menolong.

“Nah sekarang Pak Agus Wantara, setelah mengikuti upacara ritual adat Dayak bernama ‘Angkat Saudara’, maka sekarang Pak Agus dan keluarganya telah menjadi bagian dari keluarga besar kami,” ujar Demang Sarwin.

BACA JUGA:   Tengku Ali Syahbana: Berkat Komunikasi yang Baik Aksi Demo Kenaikkan Harga BBM di Pangkalan Bun Tidak Jadi Dilakukan

Dijelaskan Demang Sarwin, menggelar upacara adat Daya “Angkat Saudara”, bukan hanya kepada Agus Wantara saja. “Kami dari keluarga besar suku Dayak Pangkut selalu terbuka untuk menjaring persaudaraan dengan siapapun,” imbuh Demang Sarwin.

Terpisah Darsani, tokoh masyarakat Pangkut sangat mengapresiasi dan mendukung kepada Agus Wantara dan kelurga yang telah menjadi bagian dari keluarga besar suku Dayak Pangkut.

“Diharapkan, perusahan besar lainnya bisa mengikuti jejak Agus Wantara yang dengan suka rela tidak ada unsur paksaan bersama keluarganya kini menjadi bagian dari keluarga besar suku Dayak Pangkut,” kata Darsani.

Menurut Darsani, sekarang Agus Wantara yang menjabat CDO PT. SINP-PBNA, setelah syah melaksanakan upacara adat “Angkat Saudara”, tentunya merupakan salah satu bagian upaya dari perusahaannya untuk lebih mendekatkan diri dengan masyarakat Pangkut khususnya dan umumnya masyarakat Kecamatan Aruta.

BACA JUGA:   Berkat Perjuangan Mengembangkan Program PAUD di Kobar, Mina Irawati Raih Penghargaan Widya Dharma Pratama Tingkat Nasional

“Seperti PT. SINP-PBNA yang bernaung di PT. Astra Agro Lestari Tbk, melalui Pak Agus Wantara, kini telah membaurkan diri menjadi saudara kita. Maka kalau terjadi sesuatu antara masyarakat dengan perusahaan, tentunya akan mudah diselesaikan dengan baik,” terang Darsani.

Agus Wantara CDO PT. SINP-PBNA, saat dikonfirmasi mengatakan atas nama diri sendiri dan keluarga mengucapkan terimakasih kepada Sarwin Demang Pangkut dan keluarga besar suku Dayak Pangkut.

“Juga sangat berterimakasih kepada semua tokoh adat Arut Utara yang dengan kehadiran saya ini bisa diterima dengan sangat baik. Dan juga sangat berterimakasih kepada semua tokoh dan lapisan, semoga kehadiran saya menjadi saudara Bapak Demang Sarwin bisa diterima dan bisa lebih dekat lagi dengan semua masyarakat Arut Utara, dan semoga keharmonisan yang sudah terjalin selama ini lebih meningkat menjadi persaudaraan yang lebih erat lagi,” pungkas Agus Wantara.

(Visited 37 times, 1 visits today)