Kemenkumham dan Kesbangpol Didorong Segera Gelar Uji Kompetensi LSM

NARA SUMBER : ARIFIN/BERITA SAMPIT – Kabid Pelayanan Hukum Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalteng sebagai nara sumber di Peran Serta Ormas di Kotim untuk Menjaga Kamtibmas Menjelang Pemilu dan Pilkada tahun 2024.

SAMPIT – Guna meningkatkan pengetahuan pengurus Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) terutama yang telah resmi terdaftar di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah (Kalteng), didorong segera menggelar uji kompetensi LSM.

“Kemenkumham dan Kesbangpol kami sarankan untuk menggelar uji kompetensi LSM, supaya kita sama-sama mengetahui sejauh mana kualitas pelaku giat LSM dalam menjalankan tugas-tugasnya,” ucap Ketua Umum LSM Piramida Pikiran Rakyat Audy Valent melalui pesan singkat yang diterima wartawan media siber beritasampit.co.id, Sabtu 6 Agustus 2022.

BACA JUGA:   Seorang Sopir Truk di Kotim Diduga Bawa Kabur Istri Dari Anak Majikan

Dijelaskannya, tujuan digelarnya uji kompetensi LSM supaya pengurus LSM bertindak tidak lagi keluar dari koridor kelembagaan dan sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) masing-masing lembaga.

“Kami sarankan tidak hanya uji kompetensi LSM, bahkan pelatihan-pelatihan lainnya yang ada keterkaitan untuk meningkatkan pengetahuan misalnya tentang apa peran dan fungsinya sebagai salah satu corong membantu pemerintah daerah ini,” ujar Audy.

Mengenai jadwal pelatihan, lanjutnya, terutama instansi terkait bisa menggelar 6 bulan sekali dalam setahun mengundang seluruh LSM resmi guna mengikuti pelatihan tersebut.

BACA JUGA:   Polsek Baamang Gagalkan Peredaran 11 Paket Sabu-Sabu

“Pelatihan bisa juga untuk dikemas dalam bentuk debat publik dengan tema mau dibawa kemana Kotim ke depan, dari sini bisa memberikan pengetahuan dan wawasan kepada pelaku giat LSM, karena kami merasa diberikan ruang untuk ikut berpartisipasi memberikan saran dan kritikan yang sifatnya membangun,” tandasnya. (ifin)

(Visited 14 times, 1 visits today)