SDN 2 Jambu-Barut Tanamkan Akhlak Siswa melalui Lomba Hafalan Surah Pendek Al Quran

ISKANDAR/BERITA SAMPIT: Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara Drs. H. Ardian saat menyerahkan bantuan kepada Kepsek SDN 2 Jambu Surimilawati.

MUARA TEWEH – Tak heran, jika setiap lomba selalu dipadati oleh wajah-wajah antusias, terutama anak- anak yang nampak bersemangat saat mengikuti lomba di SDN 2 Jambu, Kecamatan Teweh Baru, Kabupaten Barito Utara, Sabtu 6 Agustus 2022.

Ketua Panitia Siti Kamariah mengatakan pihaknya menggelar dua lomba dalam rangka peringatan tahun baru Islam 1444 H, mengangkat tema menciptakan generasi Qur’an yang beriman dan bertakwa.

“Ada dua lomba pertama kesenian mewarna anak muslim dan kedua lomba menghafal surah pendek didalam Al Qur’an,” ujar Siti.

Disebutkan Siti, lomba diikuti 109 peserta dari kelas 1 hingga kelas 6 yang terlihat memadati pelataran ruang kelas.

“Jumlah peserta mewarna anak muslim 59 dan menghafal surah pendek sebanyak 50 peserta didik,” terang Siti saat menyampaikan laporannya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 2 Jambu Surimilawati mengaku bersyukur bahwa sekolahnya banyak mengalami perubahan pasca ditetapkan sebagai sekolah penggerak.

“Setelah mengemban sekolah penggerak, Alhamdulillah banyak perubahan di sekolah ini,” ungkap Surimilawati.

Perempuan yang aktif sebagai ketua PGRI Kecamatan Teweh Baru itu membeberkan bahwa peserta didik saat mengikuti lomba sudah menggunakan sistem digitalisasi hingga penilaian dari dewan juri.

BACA JUGA:   Polisi Berhasil Sita 6,21 Gram Sabu-Sabu yang Dikirim Melalui Jasa Travel

“Peserta didik mendaftar lomba melalui online menggunakan aplikasi kemudahan berbentuk digitalisasi, bahkan program penilaiannya juga sudah menggunakan formulir aplikasi,” papar Surimilawati.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara Drs. H. Ardian menyambut baik adanya lomba tersebut, ia menilai lomba yang di gelar SDN 2 Jambu sangat siap terutama dalam penggunaan sistem digitalisasi yang ada di sekolah.

“Kami melihat tadi pelaksanaan ini sudah sangat siap dimana penilaiannya kita lihat tidak ada pilih kasih karena menggunakan aplikasi yang sudah disusun,” katanya.

Ardian menyampaikan SDN 2 Jambu salah satu sekolah penggerak yang ada di Barito Utara, selalu menjadi buah bibir yang terus berusaha lebih maju dibanding sekolah lainnya.

“Untuk kegiatan lomba seperti ini kami sangat memberikan apresiasi yang tinggi, khusus lomba hafalan surat pendek siapa yang jadi juara, kami ingin menambah hadiah  sebesar 1 juta rupiah pemenang juara 1,” tukasnya.

BACA JUGA:   PT. Arsy Nusantara Belum Perbarui Dokumen AMDAL, Masih Proses Perubahan

Ardian berharap sebagai pendidik tentunya selalu membina dan membimbing anak-anak agar dalam kehidupan sehari-hari seperti bergaul dengan teman-temannya benar-benar memiliki akhlak mulia di sekolah.

“Kita sangat antusias, oleh karena itu carilah anak-anak terbaik dan nantinya bisa menjadi anak yang berakhlak mulia menjadi insan yang pancasila dan menjadi contoh di tengah masyarakat,” tutupnya.

Selain itu, Komite Sekolah SDN 2 Jambu H. Joni mengatakan sangat bangga dan memberikan apresiasi kepada sekolah, menurutnya semua kegiatannya sudah menggunakan aplikasi sesuai standar mengajar yang sudah ada.

“Kami dari orang tua selalu mendukung kegiatan-kegiatan sekolah selanjutnya dan kami berharap sekolah ini menjadi favorit sekaligus unggulan bukan hanya di Barito Utara tetapi juga di Kalteng,” ungkap Joni yang juga sebagai Plt, Camat Teweh Baru. (isk)

(Visited 36 times, 2 visits today)