Kembangkan Wisata Riam Gehes dengan Dana Desa

Para wisatan lokal saat menikmati indahnya paronama di riam Gehes Desa Tumbang Kaman

KASONGAN – Anggota DPRD Katingan Muhammad Efendi mengapresiasi inovatif pemerintah desa Tumbang Kaman Kecamatan Sanaman Mantikei Kabupaten Katingan Provinsi Kalimatan Tengah.

Menurutnya, peluang pariwisata di Kabupaten Katingan harus terus dikembangkan salah satunya Objek wisata baru yang dibangun dari dana desa yaitu Wisata Riam Gahes. Wisata alam yang cukup menarik yang menjadi salah satu usaha milik desa dan diharapkan nantinya akan menambah pendapatan desa tersebut.

“Semoga desa-desa lainpun terutama yang memiliki alam yang berpotensi untuk dijadikan tempat wisata bisa mengolah tempat tersebut menjadi tempat yang menarik sehingga nantinya bisa membangun ekonomi produktif masy menjadi meningkat seperti kuliner, UKM /kerajinan, transport, penginapan. Mari membangun desa melalui bidang wisata,” ungkapnya Sabtu 6 Agustus 2022.

Legislator Dapil III meliputi kecamatan Katingan Tengah, Katingan Hulu, Kecamatan Sanaman Mantikei, Petak Malai dan Bukti Raya tersebut terus memantau geliat sektor wisata di daerahnya. Terutama mendorong pemerintah daerah mengembangkan objek wisata Danau Mare di Desa Samba Bakumpai, Kecamatan Katingan Tengah.

“Pengembangan itu bukan hanya untuk geliat perekonomian masyarakat Kabupaten Katingan. Namun juga dapat menjadi salah satu objek yang dapat menambah pendapatan asli daerah (PAD),” ungkapnya.

Pria Kelahiran Desa Samba Bakumpai ini, menambahkan salah satu peluang pendapatan daerah pada wisata Danau Mare yaitu dengan adanya tempat usaha berjualan makanan dan minuman dan beberapa pasilitas lainnya.

“Pemkab Katingan juga dapat menambah PAD dari perizinan pertokoan dan tempat berdagang itu. Namun tentu wisatawan tertarik mengunjungi wisata tersebut,” pungkasnya.

(Kawit)