BUMDes Sangat Strategis Bantu Peningkatan Perekonomian Masyarakat

LULUS/BERITA SAMPIT- Sekretaris Komisi I DPRD Murung Raya, Muhammad Nujhan

PURUK CAHU- Sekretaris Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Murung Raya, Muhammad Nujhan menyebutkan, bahwa keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sangat strategis untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Kalau melihat sekarang ini, BUMDes sangat strategis bagi masyarakat, khususnya untuk peningkatan perekonomian masyarakat. Maka dari itu Pemkab harus memfasilitasi dengan memberikan pendampingan kepada BUMDes,” kata politisi yang akrab disapa Johan ini, Rabu 10 Agustus 2022.

Bahkan, ia meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat dapat melakukan pendampingan yang intensif kepada BUMDes yang tersebar di Murung Raya.

Menurutnya, peran BUMDes akan dapat dirasakan oleh masyarakat ketika dikelola dengan baik. Pengelolaan BUMDes yang baik ini, tentu harus ada perhatian dari Pemkab Murung Raya.

BACA JUGA:   Optimalkan Kampung KB Upaya Tekan Stunting

“Misalnya pendampingan terkait dengan administrasi, pembuatan badan hukum, pengembangan usaha, sampai dengan pemetaan potensi desa, itu harus difasilitasi Pemkab melalui dinas terkait,” tambahnya lagi.

Dia menilai, ketika BUMDes mampu berkembang dengan baik tentu akan memberikan implikasi positif kepada masyarakat. Mulai dari penyerapan tenaga kerja, penyaluran produk-produk UMKM sampai dengan pengembangan desa itu sendiri.

“Para pemuda juga bisa memanfaatkan peluang pengembangan desa dengan bekerja di BUMDes. Apakah nantinya BUMDes mau mengembangkan pertanian, peternakan, desa wisata, itu semua tergantung dari potensi dan karakteristik dari desanya,” tuturnya.

BACA JUGA:   Ketua DPRD Ungkap Dampak Positif Pemekaran Kecamatan Puruk Bondang

Maka dari itu, spirit pengembangan BUMDes, menurut Nujhan harus ada sinergitas dan menjadi salah satu program prioritas dari Pemkab Murung Raya.

“Kedepannya ini yang harus menjadi konsen Pemkab, khususnya pengembangan BUMDes, apalagi sekarang sudah ada dana desa yang salah satunya bisa dialokasikan untuk pengembangan BUMDes,” tandasnya.

(lulus)

(Visited 19 times, 1 visits today)