Start Piala Dunia Qatar Akan Dimajukan ke 20 November

ANTARA FOTO/BERITA SAMPIT - Hasil pengundian grup A, B, C dan D ditampilkan di layar saat acara pengundian grup Piala Dunia 2022 di Doha Exhibition & Convention Center (DECC) di Doha, Qatar, Jumat (1/4/2022).

JAKARTA – Start Piala Dunia akan dimajukan satu hari agar tim tuan rumah Qatar bisa bertanding di pertandingan pembuka, demikian sumber AFP pada Rabu, tiga bulan sebelum kompetisi itu dimulai.

Qatar akan melawan Ekuador pada 20 November, atau 24 jam lebih awal dari rencana semula, sembari menunggu konfirmasi dari dewan FIFA, menurut sumber tersebut.

Perubahan jadwal itu, yang telah digeser ke November-Desember untuk menghindari cuaca musim panas di Teluk, akan menjaga tradisi sang tuan rumah memainkan laga pembuka.

Senegal dan Belanda sebelumnya telah dijadwalkan memainkan laga perdana pada 21 November, diikuti pertemuan Inggris dengan Iran dan kemudian pertandingan pembukaan yang resmi, debut Qatar di Piala Dunia pada sore harinya.

BACA JUGA:   Drama Enam Gol Warnai Laga Manchester City lawan Newcastle United

“Terdapat pembahasan dan kesepakatan antara dua tim bersangkutan dan ada permintaan dari CONMEBOL- Konfederasi Amerika Selatan,” kata salah satu sumber AFP yang tak ingin disebutkan identitasnya karena belum ada keputusan resmi yang diumumkan.

“Kami ingin mengikuti tradisi bahwa apakah juara bertahan atau tuan rumah dilibatkan di pertandingan pembuka,” kata dia.

FIFA dan panitia penyelenggara setempat menolak untuk berkomentar terkait perubahan jadwal turnamen yang berakhir pada 18 Desember itu.

Akan tetapi, sumber lain dari turnamen tersebut mengatakan akan ada tindakan untuk membantu para penggemar yang telah membeli tiket untuk pertandingan tanggal 21 November.

BACA JUGA:   Pebalap Ducati Jack Miller Start Terdepan pada GP San Marino, Besok

“Segala gangguan akan ditangani sehingga dampaknya minimal,” kata sumber AFP itu.

Di bawah rencana perubahan itu maka laga Belanda melawan Senegal di Grup A akan dipindah dari jam 1 siang setempat (1000 GMT) ke jam 7 malam waktu setempat pada 21 November.

“Itu adalah slot yang lebih baik bagi kedua tim untuk televisi dan yang lainnya,” kata sumber tersebut.

Laga Inggris melawan Iran di Grup B tidak mengalami perubahan jadwal. (Antara).

(Visited 15 times, 1 visits today)