Kepramukaan Bagian Pendidikan Karakter

Bupati Barito Utara H Nadalsyah yang juga Ketua Mabicab Pramuka Barito Utara menyerahkan bendera Kwarcab Gerakan Pramuka Barito Utara kepada Ketua Harian Kwarcab Gerakan Pramuka Barito Utara Akhmad Gunadi saat pelepasan Kwarcab Pramuka Barito Utara mengikuti Jamnas XI, di halaman kantor bupati, Muara Teweh, Kamis (11/8/2022).ANTARA/HO-Prokopim Barito Utara

BARITO UTARA – Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, menjadikan pendidikan kepramukaan  sebagai bagian dari pendidikan karakter bangsa.

“Pentingnya pendidikan karakter, sesungguhnya didasari pada fenomena dan kondisi faktual daerah saat ini, yang menggambarkan semakin majunya sumber daya manusia (SDM) yang dididik secara telaten berkesinambungan,” kata Bupati Barito Utara Nadalsyah melepas kontingen Kwarcab Pramuka setempat mengikuti Jambore Nasional (Jamnas), di Muara Teweh, Kamis 11 Agustus 2022.

Kontingen Jamnas XI Kwarcab Pramuka Barito Utara sebanyak 50 orang mengikuti Jamnas mulai tanggal 11-21 Agustus 2022 di Cibubur, Jakarta Timur.

Kegiatan besar Pramuka oleh Kwartir Nasional (Kwarnas), dengan peserta dari perwakilan seluruh kabupaten dan kota se-Indonesia.

Menurut dia, dalam paradigma pendidikan kepramukaan yang salah satu contoh banyaknya para pejabat, pengusaha ASN yang berawal dididik dari anggota Pramuka di Barito Utara ini.

“Sehingga nilai-nilai perjuangan, semangat persatuan dan kesatuan, semangat kebersamaan masih tertanam dalam diri masing-masing,” kata dia.

Nadalsyah mengatakan bahwa Jamnas merupakan cara rekreasi edukatif di dunia kepramukaan dalam bentuk perkemahan luhur dan bertujuan untuk membina pramuka penggalang.

“Pembinaan dalam jambore, mengutamakan pada aspek pembinaan mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial,” ucap dia.

Buapti Nadalsyah juga mengharapkan kepada seluruh peserta yang ikut dalam kegiatan Jamnas XI, sekembalinya nanti dapat menstimulasi dan merumuskan strategi serta konsep kegiatan kepramukaan yang lebih inovatif, mendidik dan modern agar menjadi daya tarik bagi masuknya kader-kader baru dalam gerakan pramuka.

“Atas nama pribadi dan selaku Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Barito Utara, saya berpesan agar kontingen Jamnas dapat menjaga sikap dan perilaku, menanamkan nilai-nilai budi pekerti, senantiasa membangun komunikasi yang baik dengan semua kontingen dari daerah lain serta yang paling utama adalah menjaga kekompakan di antara seluruh kontingen,” pesan Nadalsyah.

Dia juga berharap kepada para pendamping setelah pulang nanti membawa oleh-oleh kepada anggota pramuka yang ada di Gugus Depan Kabupaten Barito Utara, sehingga membawa perubahan kemajuan Gerakan Pramuka Barito Utara ke depannya.

“Jaga kekompakan dalam kontingen sehingga dari berangkat sampai kembali tetap kompak bersatu dan sehat,” ujar Nadalsyah

(ANTARA)