Diskukmpp Katingan Dorong Pelaku Usaha Naik Kelas

IST/BERITA SAMPIT - Sekertaris Camat Katingan Kuala C. Hendriawan Topan saat memberikan sambutan didampingi Kepala Bidang Koperasi dan UMK Benyamin Franklin Yakob (di tengah). Jumat 12 Agustus 2022.

KASONGAN –Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (Diskukmpp) Kabupaten Katingan gelar kegiatan peningkatan pemahaman dan pengetahuan usaha Mikro.

Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 12-14 Agustus 2022 di Pegatan Kecamatan Katingan Kuala, Kabuapten Katingan. Antusias peserta didominasi pelaku usaha baru.
Hal ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan kapasitas dan kompetensi sumber daya manusia (SDM) Usaha Mikro dan Kewirausahaan melalui pelatihan Vocational, keterampilan pengolahan produk makanan. Jumat 12 Agustus 2022.
Camat Katingan Kuala Hariadi Utomo diwakili Sekretaris Camat Katingan Kuala C. Hendriawan Topan mendorong pelaku UMKM terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya.
Hal itu dilakukan agar tidak tertinggal dan mampu bersaing dengan produk-produk dari luar daerah maupun luar negeri, apalagi di era globalisasi dan pasar bebas banyak produk luar yang akan memenuhi pasar sehingga akan semakin menyulitkan pelaku usaha dalam berkembang.
“Kami berharap pelaku usaha ke depannya bisa naik kelas dari mikro ke kecil dan seterusnya sehingga besar, jangan hanya nyaman menjadi pengusaha mikro atau kecil,” imbaunya.
Dia mendorong pelaku usaha terus semangat sehingga bisa menjadi penguasa besar di mana nantinya dapat membuka peluang kerja mengurangi pengangguran bagi masyarakat di Kabupaten Katingan.
Di tempat yang sama Kepala Bidang Koperasi dan UMK Benyamin Franklin Yakob mengatakan kegiatan ini diikuti 30 peserta yang berasal dari dua kecamatan yaitu Kecamatan Mendawai dan Kecamatan Katingan Kuala.
“Para peserta akan diajarkan mengenai pengolahan produksi tumbuhan bakung dan nipah serta strukturisasi potensi usah berbasis kearifan lokal,” jelasnya.
Selain itu para peserta dibimbing oleh para instruktur yang merupakan praktisi pelaku usaha yang berasal dari lembaga jaringan penggerak dan informasi terpadu industri usaha mikro kecil menengah Kalimantan Tengah.
“Lembaga ini bergerak dibidang penggerak dan pendampingan mikro yaitu saudara Adhirawan dan Andika Nyuwito. Kami berharap kegiatan ini mampu menumbuhkan dan memajukan wirausaha baru yang mampu membaca peluang usaha di lingkungannya masing-masing,” pungkasnya.
(Kawit)
(Visited 50 times, 1 visits today)